STRATEGI KOMUNIKASI DALAM UPAYA ADVOKASI KOMUNITAS KRETEK TERKAIT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 109 TAHUN 2012
INDI FALACHIYYAH, Drs. Budhy Komarul Zaman, M.
2013 | Skripsi | Ilmu KomunikasiRokok dan kretek sebagai produk turunan tembakau telah lama menciptakan kontroversi di tengah masyarakat Indonesia. Mayoritas masyarakat memandang rokok sebagai barang konsumsi yang berdampak sangat buruk dan haram. Untuk itulah, dengan dalih menyelamatkan masa depan anak bangsa, pemerintah membuat Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 tentang pengendalian tembakau. Namun, dalam implementasinya kebijakan ini tidak semulus yang dibayangkan. Peraturan pemerintah ini mendapatkan pertentangan dari berbagai kelompok masyarakat yang merasa dirugikan. Komunitas kretek merupakan kelompok masyarakat yang sadar dan berkomitmen membela kepentingan masyarakat yang dirugikan akibat PP 109/2012 melalui upaya advokasi. Komunitas kretek melakukan upaya advokasi melalui strategi komunikasi yang diharapkan dapat berhasil mencapai tujuan. Strategi komunikasi dalam upaya advokasi merupakan perencanaan dan proses manajemen yang memiliki tujuan besar yang ingin dicapai, dimulai dengan merubah stigma (mindset) masyarakat tentang kretek hingga dapat ikut serta mempengaruhi pemerintah untuk mencabut PP 109/2012. Untuk mencapai tujuan ini tentu saja diperlukan upaya komunikasi yang konsisten dan berkesinambungan, karena untuk merubah pandangan masyarakat tentang kretek yang sudah lama tertanam dan dianggap sebagai sebuah “kebenaran†bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi dalam upaya advokasi terkait PP 109/2012 yang dilakukan oleh Komunitas Kretek. Srategi komunikasi dalam upaya advokasi dikaji melalui strategi tindakan komunikasi dalam upaya advokasi Valerie Miller yang terdiri dari strategi persuasi, kerjasama, litigasi dan perlawanan serta teori perubahan perilaku Kurt Lewin, yakni teori medan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam upaya advokasi yang dilakukan Komunitas Kretek meliputi pemetaan stakeholders, lawan dan kawan serta rencana strategis yang didalamnya mencakup landasan kegiatan komunikasi dalam manajemen advokasi, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Keempat strategi tindakan komunikasi dalam upaya advokasi telah dilakukan Komunitas Kretek. Strategi persuasi, kerjasama dan perlawanan merupakan langkah yang paling terencana dan strategis dalam melakukan kegiatan-kegiatan komunikasi dalam upaya advokasi. Sedangkan, strategi litigasi belum dilakukan sepenuhnya sehingga belum ada uji materil untuk mencabut PP 109/2012 yang merupakan tujuan akhir dari upaya advokasi. Secara keseluruhan, strategi komunikasi dalam upaya advokasi yang dilakukan komunitas kretek belum berhasil mempengaruhi pemerintah karena belum cukup banyak mendapat dukungan dari masyarakat.
Cigarette and kretek as a product of tobacco has created a long controversy amidst Indonesian society. Majority of public saw tobacco as consumption goods with enormous harm and haram. That’s why, in order to save the future of our nation, the government proposed Government Regulation number 109 years 2012 about tobacco controls. However, during its implementation this policy faced various troubles. This Government regulation is opposed by various communities who are harmed by this policy. Kretek community is one of the communities with consciences and commitment to defend the rights of multiple societies who are harmed by PP 109/2012 through advocacy. Kretek community performed advocacy effort through communcation strategy which is expected to achieve their goals. Communication strategy in advocacy effort is a planning and management process with a big goal to achieve, from changing mindset of the people about kretek to persuade government to withdraw PP 109/2012. In order to achieve these goals, they need consistent and prolonged communication effort, since changing the long established perception about a ‘truth’ is not easy. That’s why this research is conducted in order to understanding communication strategy in advocacy effort related to PP 109/2012 which is done by Kretek community. Communication strategy under advocacy effort is examined through communication action strategy in advocacy Valerie Miller that consists of persuasive strategy, cooperation, litigation and opposition as well as behavior change theory Kurt Lewin which is cognitive field theory. The research showed communication strategy under advocacy effort that are conducted by Kretek community including stakeholdersmapping, opposition and allies and strategic planning inside it including communication activity under management advocacy, from planning stage, implementation and evaluation. Four of the communication strategies for advocacy effort have been conducted by Kretek community. Persuasion strategy, coordination and opposition are the most coordinated and strategic in communication activities of advocacy effort. Meanwhile, litigation strategy is not yet conducted so there is no judicial reviewto retract PP 109/2012 which is the final goal of advocacy effort. In conclusion, communication strategy under advocacy effort of Kretek community has not yet succeeded in persuading government since there is not much support from the society.
Kata Kunci : strategi komunikasi, advokasi, kretek, PP 109/2012