Laporkan Masalah

PELAKSANAAN HANDOVER PASIEN DI RUANG VIP DAN RUANG RAWAT PENYAKIT DALAM BADAN RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN BANGGAI

RAHMAH ABUGAR, Dr.Tjahjono Koentjoro,MPH.,Dr PH

2013 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar belakang: Dalam sistem pelayanan di Rumah Sakit, peran pelayanan keperawatan merupakan salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Tidak hanya dilihat dari proporsi jumlah perawat tetapi juga harus mempertimbangkan kompetensi perawat untuk mendapatkan kinerja yang baik. Handover pasien merupakan salah satu penerapan pelayanan keperawatan yang harus dilakukan sesuai standar yang sudah ditentukan. Dalam handover komunikasi yang efektif merupakan bagian yang tak terpisahkan, karena dengan komunikasi yang efektif diharapkan kesalahan dalam kelangsungan pelayanan terhadap pasien tidak akan terjadi. Tujuan Penelitian: Mendeskripsikan pelaksanaan handover dan mengidentifikasi potensi risiko dalam pelaksanaan handover ruang VIP dan di ruang rawat Penyakit Dalam Badan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Banggai. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah kegiatan handover selama 2 minggu di ruang VIP dan 2 minggu di ruang rawat penyakit dalam. Jumlah pengamatan masing-masing ruangan 6 pengamatan yang dilakukan dengan observasi. Informan adalah perawat yang terlibat handover saat dilakukan pengamatan yang diperoleh dengan cara indepth interview. Jumlah informan 4 perawat di ruang VIP dan 6 perawat di ruang Penyakit Dalam.Cara pengambilan sampel dengan teknik maximum variation sampling. Hasil: Hasil penelitian di ruang VIP pelaksanaan handover sudah dilakukan dengan benar, baik itu keterlibatan perawat dan tempat pelaksanaan kecuali informasi pasien yang disampaikan masih belum lengkap. Semua perawat mengetahui tentang pelaksanaan handover yang benar. Sikap perawat sudah menunjukan kerja sama dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan handover. Dukungan pimpinan yaitu kepala ruang sangat mendukung dengan menunjukkan perhatian dan support serta terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pelaksaan handover. Di ruang rawat Penyakit Dalam pelaksanaan handover belum maksimal, baik dilihat dari komunikasi maupun dari keterlibatan perawat dan tempat pelaksanaan. Semua perawat mengetahui tentang pelaksanaan handover yang benar tetapi sikap perawat belum menunjukkan kerja sama dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan handover. Dukungan pimpinan yaitu kepala ruang belum maksimal. Dari bidang keperawatan tidak ada supervisi secara berkala. Standar prosedur operasional handover belum ada, baik di ruang VIP maupun di ruang rawat Penyakit Dalam. Kesimpulan: Handover yang tidak dilaksanakan dengan benar, sikap tidak peduli, dan dukungan pimpinan tidak ada serta standar prosedur operasional yang tidak ada, bisa menimbulkan potensi risiko terhadap pasien.

Background: Handover of patients in the hospital is one application of nursing services that must be done properly and based on the standard. In the handover, ineffective communication can lead to errors in the continuity of patient care, inappropriate treatment and potential harm to patients. In service systems in hospitals, nursing serves important role, not only from the proportion of nurses but also consideration on the competences and their implementation. Objective: To describe the implementation of handover and identify potential risks in the implementation of handover in internal medicine wards and VIP lounge at the Regional Hospital in Banggai Regency. Method: This study was a qualitative research. Samples were handover activities for 2 weeks at inpatient internal medicine and 2 weeks in VIP room. The observation in each room was 6 observations with an observation guide. Informants were nurses involved in the observed handover. The information from them were obtained through in-depth interview. The informants were 6 nurses in space medicine and 4 nurses in the VIP room. Technique of sampling was maximum variation sampling technique. Result and discussion: The results of the study shows that disease wards in the implementation of handover, including delivered patient information, were incomplete while the nurses’ involvement, place of execution, time spent, were not done accordingly. The nurses had the proper knowledge on implementation of the handover. Nurses' attitudes have not shown any commitment, cooperation and responsibility on the implementation of the handover. There was no standard operating procedures of handover. Leader’s support, the head space, seeing from the direct and indirect involvement has not been fully carried out, care and support were not maximized as well, there was no regular supervision in nursing field. Handover execution in the VIP room was done really well including the involvement of the nurses, the implementation and the use of time, except on the incomplete patient information. All the nurses know about handover. Nurses’ attitudes showed better commitment, cooperation and responsibility on the implementation of handover. There was no standard operation procedures. Leader’s support, the head space showed care and support as well as direct and indirect involvement in the implementation of handover. There was no nursing supervision. Conclusion and recommendation: Handover was not implemented correctly. There was ignorance, without SPO and leadership support, which all can pose potential risks to the patients.

Kata Kunci : handover, perawat, standar, potensi risiko


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.