Laporkan Masalah

PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERAT E-GLASS DAN SERAT RAMI TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN BENDING KOMPOSIT HIBRID RAMI/E-GLASS UNTUK STRUKTUR BODI PELINDUNG SEPEDA MOTOR

AZHARI KURNIA PUTRA, Ir. Heru Santoso Budi Rochardjo, M.Eng., Ph.D

2013 | Skripsi | TEKNIK MESIN

Penggunaan komposit dalam bidang otomotif khususnya bodi kendaraan sudah banyak diterapkan. Namun untuk material komposit sandwich belum ada yang menggunakannya. Serat rami yang merupakan serat alam diharapkan akan mampu memperbaiki sifat dari komposit dengan serat E-glass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penambahan serat rami terhadap kekuatan tarik dan bending komposit hibrid rami/E-glass. Penelitian dilakukan dengan membuat 5 jenis variasi komposisi serat yaitu 100% E-glass, E-glass/rami/E-glass, rami/E-glass/E-glass/rami, rami/E-glass/rami dan 100% rami. Spesimen dibuat dengan metode hand lay up. Proses curing dilakukan bersama dengan proses press. Spesimen di press menggunakan mesin press hidrolik dengan tekanan 1000psi. Setelah kelima komposisi serat selesai dicetak selanjutnya dipotong menyesuaikan standar uji tarik ASTM D3039 dan standar uji bending ASTM D 790-02. Untuk uji densitas, spesimen dipotong dengan ukuran 2cm x2 cm. Dari hasil uji tarik didapatkan bahwa semakin tinggi fraksi volum serat E-glass terhadap serat rami maka kekuatan tarik komposit hibrid rami/E-glass semakin tinggi. Untuk kekuatan bendingnya, komposit hibrid dengan susunan serat E-glass pada bagian terluar memiliki kekuatan bending dan modulus elastisitas 2 kali kekuatan bending dan modulus elastisitas bending komposit hibrid dengan serat rami pada susunan terluarnya.

The use of motor cycle body protector is not commonly applied to motor cycle in Indonesia. There are some parties who have begun to make the body protector, but the design is very simple. There are still many insufficiency in terms of design and materials. The shape of the protector does not fit the motorcycle body very well. And most of them still use steel frame to support the body. The aim of this research is to design motorcycle body protector from rami/E-glass hybrid composite material. Composite materials are easy to be manufactured, therefore the shape of the body is expected to fit the motorcycle body. Besides, the mechanic properties can be varied by changing the composition of the matrix and fibers. E-glass fibers which are strong but brittle will be combined with the natural fiber which is more resilient. By using this hybrid composite material, the use of steel frame to support the body can be reduced so that the motor cycle will not be burdened. The hybrid composite materials need to be tested, so that we can get the appropriate fiber composition to obtain the desired strength and stiffness for the motorcycle body protector structure. There are some tests performed to determine the strength of the hybrid composite materials, such as density, tensile test and bending test.

Kata Kunci : Bodi pelindung sepeda motor, komposit hibrid, ringan, kuat, serat rami, serat E-glass, uji tarik, uji bending, uji densitas.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.