Laporkan Masalah

MAKNA BERAGAM TANDA KONSUMERISME DALAM “THE GREAT GATSBY” KARYA F. SCOTT FITZGERALD: KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO

Maria Vincentia Eka Mulatsih, Dr. Novi Siti Kussuji Indrastuti, M. Hum.

2013 | Tesis | S2 Sastra

The Great Gatsby tidak hanya dapat dipandang sebagai sebuah karya besar mimesis Amerika Abad XX, namun juga sebagai wujud komunikasi pengarang melalui beragam tanda; khususnya tanda konsumerisme yang disebutkan berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan mengungkap makna tanda konsumerisme yang diambil dari novel Fitzgerald: The Great Gatsby dengan mengaplikasikan teori semiotika Umberto Eco. Tanda konsumerisme diklasifikasikan menjadi konsumerisme yang bersifat fisik dan konsumerisme yang bersifat non fisik untuk mempermudah penjelasan makna denotatif dan konotatif, kemudian dilakukan penginterpretasian tanda berdasarkan hubungan posisional dan oposisional. Hasil penelitian melalui interpretasi tanda ini di antaranya menunjukkan bahwa konsumerisme dalam novel ini mengarah pada sifat kompetitif, individualisme, egoisme, dan materialisme. Kedua, adanya oposisi dalam struktur berhubungan dengan pesan Fitzgerald akan adanya pengabaian nilai moral yang dilakukan oleh para karakter yang tamak. Ketiga, akhir cerita memperkuat kondisi bahwa kemanusiaan tidak lagi hadir. Hal ini merupakan wujud makna konotatif tanda konsumerisme. Keempat, melalui interpretasi tanda konsumerisme, Fitzgerald mengkomunikasikan adanya pemikiran melawan efek negatif dari konsumerisme.

The Great Gatsby can not only be viewed as a mimesis of a great American literature in twentieth century but also as a mean of writer’s communication through various signs; especially consumerism signs which are stated for several times. The aim of this research is to reveal the meaning of consumerism signs that are taken from Fitzgerald’s novel The Great Gatsby by applying Umberto Eco’s semiotic theory. Consumerism signs are classified into physical consumerism and non physical consumerism for exposing its denotative and connotative meanings, then interpretation of the sign is done based on the positional and oppositional relation. The results of this research through sign interpretation are: first, it is found that consumerism in this novel leads to competitiveness, individualism, egoism, and materialism. Second, there is opposition in the structure that relates to the Fitzgerald’s message that is the moral value abandonment which was done by the greedy characters. Third, the ending of the story strengthen the condition that humanity was no longer exists as the connotative meaning of the consumerism sign. Fourth, Fitzgerald tried to communicate the spirit of humanity against the negative effects of consumerism.

Kata Kunci : tanda konsumerisme, interpretasi, makna, struktur.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.