EKSISTENSI KERONCONG DALAM MUSIK INDUSTRI DI INDONESIA SEBUAH TINJAUAN KRITIS
DRIJASTUTI JOGJANINGRUM, Prof. Drs. Triyono Bramantyo PS, M.Mus.
2013 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni RupaEksistensi Musik Keroncong di Industri Musik Indonesia dapat dikatakan tidak terlalu menggembirakan, artinya Musik Keroncong sangatlah minim produksi. Hal ini dikarenakan pasar Industri Musik kurang merespon secara positif. Menghadapi gejala merosotnya perhatian dan minat masyarakat pecinta seni pada musik dan lagu keroncong ini, perlu ada kepedulian untuk melestarikannya. Bagaimanapun juga bentuk kepedulian kita semua terhadap keroncong merupakan prasyarat utama. Namun jangan sampai pemerolehan keuntungan berwujud materi mengalahkan idealisme untuk mengharumkan keroncong sebagai seni budaya bangsa ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana eksistensi musik keroncong dalam pasar musik Indonesia, dapat menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab minimnya minat produser dalam memproduksi musik keroncong, serta untuk mengetahui sejauh mana animo masyarakat terhadap musik keroncong. Setelah beberapa tujuan di atas dapat diperoleh dalam penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kepada pembaca khususnya pecinta musik keroncong, mendorong minat pembaca untuk menelaah pustaka tentang kajian-kajian budaya dan diharapkan dapat memperkaya penelitian dalam bidang seni pertunjukan.
The existence of Keroncong in Music Industry is not that prosperous, it means that Keroncong is less productive. It is because that the market of music industry in Indonesia does not response positively. In facing the phenomenon of the degradation of interest of the public towards songs and music of Keroncong, action to safe this genre is therefore necessary. Moreover, first of all, our intention to pay attention towards this genre is the most important pre-requirement. But of course it is not suggested to think of personal benefit as a major idealism meanwhile the idea to revitalize this genre as our most national music culture is left behind. This thesis is to examine the existence of Keroncong in the music industry of Indonesia, to search for the cause of why the Indonesian music producers would not eager to produce Keroncong, meanwhile on the other hand also to study how big is the public animo or expectation towards Keroncong. After those intentions have been gained through this research, it is hope that this research is of useful in order to give more knowledge to the readers. To those who are the Keroncong lovers or supporters, it is hope that it can enhance the students‟ need in reading the cultural studies, musical studies and social science that could be beneficial for the study of performing arts of Indonesia.
Kata Kunci : eksistensi, keroncong, industri musik