Laporkan Masalah

PENGARUH IJTIHAD DAN TAJDID PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM TERHADAP AMAL USAHA MUHAMMADIYAH (Studi BTM/ BMT Muhammadiyah di Yogyakarta Tahun 2013)

Dharma Setyawan, Prof.Dr.Syamsul Hadi.SU.M.A

2013 | Tesis | S2 Ekonomi Islam

Muhammadiyah menegaskan bahwa pintu Ijtihad dan Tajdid selalu terbuka dan tidak pernah tertutup. Ijtihad merupakan elemen yang penting yang menjadi karakter dasar Muhammadiyah sebagai gerakan modern Islam pembaharuan. Dasar Tajdid (pembaruan Islam) kemudian berkembang menjadi upaya untuk memperbaiki sistem gerakan Muhamadiyah dalam mencari solusi bagi permasalahan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan dan lainnya. Muhammadiyah yang pada awalnya bergerak sebagai gerakan sosial keagamaan terus melakukan upaya komprehensif untuk memberikan andil besar bagi kemajuan masyarakat Islam khususnya di Indonesia. Sejalan dengan Ijtihad dan Tajdid, pemikiran Muhammadiyah sebagai gerakan sosial keagamaan menancapkan akar geraknya pada ruang ekonomi. Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Muhammadiyah memiliki fokus agenda pada pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Dawam Rahardjo (2000) mengungkapkan, Anggota yang besar dan lembaga yang banyak jumlahnya dapat dipandang sebagai modal atau sumber daya yang merupakan comparative advantage bagi pergerakan Muhammadiyah. Sumberdaya itu telah mendorong gerakan Muhammadiyah tidak saja merupakan gerakan sosialpendidikan- keagamaan saja, tetapi juga sebagai gerakan ekonomi dan bisnis. Setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan Muhammadiyah mengembangkan usaha perekonomian. Pertama, bahwa Muhammadiyah punya keyakinan untuk tetap menggarap amal usaha bidang bisnis ini karena amal usaha ini tidak kalah strategisnya dibandingkan amal usaha-amal usaha Muhammadiyah yang lain; baik itu pendidikan, rumah sakit maupun dakwah keagamaan. Kedua, bahwa Muhammadiyah punya potensi besar menggarap amal usaha ini. Dengan fakta, yaitu; banyaknya birokrat yang duduk di Pimpinan Muhammadiyah, banyaknya sumber daya manusia hasil pendidikan Muhammadiyah, banyaknya pengusaha-pengusaha besar dikalangan Muhammadiyah, banyaknya jumlah anggota Muhammadiyah. Tesis ini meneliti pengaruh Ijtihad dan Tajdid Ekonomi Islam terhadap perkembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Muhammadiyah declares that the gate of Ijtihad (reasoning) and Tajdid (modernization) were being yet continued. Ijtihad was the base core to establish the main character of Muhammadiyah as a Modern Islamic Modernization Movement. Then, the establishment on Tajdid (modernization) grows as a motor to improve the system of its movement on finding the solution to ideology problem, politic, Business, social, cultural, and defence. Muhammadiyah, which the first time moved on social-religious track, was still upbringing to comprehend and rolling in the progressivity of Moslem society as in the case Indonesia. By Ijtihad (reasoning) and Tajdid (modernization), the role-model of Muhammadiyah as a social-religious movement grows its root on Business practice. The Council of Business and Enterpreneurship (MEK) of Muhammadiyah schedules on developing The House for Charity of Muhammadiyah (AUM). Dawam Rahardjo (2000) confirms, a large number of member and institution will represent as a comparative advantage capital resources to the movement of Muhammadiyah. Those resources orchestrate Muhammadiyah as an organization which is not only moves on social-educationand- religious practices, but as well in Business and Finance. At least, there are two reasons why Muhammadiyah rolls in Business practice Firstly, Muhammadiyah perform to roll in this business merit by the image of intechangible advantages to other charities: as well as schools, hospitals or religious calls. Secondly, Muhammadiyah sustains a potential power to organize those. That is supported by the fact that there are many beureucrates possess in higher structural of Muhammadiyah, the large number of human resources out-put by Muhammadiyah schools, the enterpreneurs possessions, and large number of its members. This thesis researches the influence of Ijtihad (reasoning) and Tajdid (modernization) to the growth of The House for Charity of Muhammadiyah (AUM).

Kata Kunci : Ijtihad, Tajdid, Ekonomi Islam, Amal Usaha Muhammadiyah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.