Subtes WISC Sebagai Pendukung Diagnosis Pada Anak ADHD
Dwi Susilawati, Dr. Ratna Wulan, S.U.
2013 | Tesis | S2 PsikologiADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan salah satu kondisi gangguan neurobehavior yang paling banyak ditemui pada masa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara subtes informasi, pemahaman, berhitung, perbendaharaan kata, rentangan angka, rancangan balok dan simbol dari WISC dengan ADHD. Ada 64 anak ADHD sebagai subjek penelitian yang merupakan hasil akhir dari randomisasi yang dimulai dengan deteksi sampai diagnosis ADHD oleh tim psikolog berdasarkan DSM IV-TR. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes WISC dan pengamatan perilaku ADHD dari gejala-gejala DSM IV-TR. Analisa data menggunakan regresi berganda dengan SPSS for macintosh 20.0 version untuk menjawab hipótesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) tidak ada hubungan negatif antara subtes informasi, pemahaman, berhitung, perbendaharaan kata, rentangan angka, dan rancangan balok dan simbol dari WISC dengan dengan ADHD (r = 0,393; F regresi sebesar 1,461; p > 0,05); 2) ada hubungan negatif antara subtes simbol dengan ADHD (nilai r = - 0,297; F = 6,007; p<0,05) dengan R2= 0,088 (subtes simbol WISC memberikan pengaruh sebesar 8,8 % dan 91,2 % dipengaruh oleh faktor lainnya); 3) tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara subtes informasi, pemahaman, berhitung, perbendaharaan kata, rentangan angka, dan rancangan balok dari WISC dengan ADHD
ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) is the most common neurobehavioral disorder of childhood. The purpose of this study was to identify relationship between information, comprehension, arithmetic, vocabulary, digid span, block design and coding (symbol) subtests from WISC with ADHD. Data was collected by randomization for children in elementary school. There are two 64 children who diagnose with ADHD The instruments used in the study were WISC and ADHD from simptom DSM IV-TR. Data was analysed by using multiple regression with SPSS for Macintosh 20.0 version to answer the hypotheses. The result of this research show that 1) there was no correlation between information, comprehension, arithmetic, vocabulary, digid span, block design and coding from WISC with ADHD (r = 0,393; F = 1,461; p > 0,05); 2) there was significant correlation between subtest coding with ADHD (F= 6,007, p<0,05). According to R square`s value (8,8 %), it showed that subtest coding is negative affect contributed on ADHD and 91,2 % was influed by the others variables; 3) there were non significant between information, comprehension, arithmetic, vocabulary, digid span, and block design with ADHD.
Kata Kunci : ADHD, subtes informasi, pemahaman, berhitung, perbendaharaan kata, rentangan angka, rancangan balok dan simbol dari WISC