Laporkan Masalah

PENGARUH KEPRIBADIAN MEREK DAN SPONSORSHIP YANG DIMODERASI OLEH KESESUAIAN ANTARA SPONSOR DAN KEGIATAN PADA EKUITAS MEREK

OSEANE PAULINA EFFATANIA, Dr. Bayu Sutikno, M.S.M., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Manajemen

Tesis ini membahas pengaruh kepribadian merek dan sponsorship yang dimoderasi oleh kesesuaian antara sponsor dan kegiatan pada ekuitas merek. Dalam penelitian ini, menjadi obyek penelitian adalah Puteri Indonesia 2013 sebagai kegiatan dan Mustika Ratu sebagai merek sponsor. Tesis ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi konfirmatori dan metode survei. Unit analisis yang akan diteliti adalah individu yang merupakan konsumen yang pernah menonton Puteri Indonesia 2013. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa sponsorship berpengaruh positif dan signifikan pada ekuitas merek, kesesuaian antara sponsor dan kegiatan memperkuat pengaruh antara sponsorship dengan ekuitas merek, dan kepribadian merek berpengaruh positif dan signifikan pada ekuitas merek.

This thesis discussed the effect of Brand Personality and Sponsorship that was moderated by Sponsor-Event Fit on Brand Equity. The research object was Puteri Indonesia 2013 as the event and Mustika Ratu as the sponsor brand. This thesis used quantitative approach with confirmatory study design and survey method. Unit of analysis of this research was individual which were consumers who have seen Puteri Indonesia 2013. The result of this research implied that Sponsorship had a positive and significant effect on Brand Equity, Sponsor-Event Fit strengthened the effect of Sponsorship on Brand Equity, and Brand Equity also had a positive and significant effect on Brand Equity.

Kata Kunci : Kepribadian Merek, Sponsorship, Kesesuaian antara Sponsor dan Kegiatan, Ekuitas Merek, Ekuitas Merek berdasarkan Konsumen.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.