THE IMAGE OF AMERICAN WOMAN IN LITERATURE: AN ADAPTATION ANALYSIS IN TOMB RAIDER– VIDEO GAME, FILM AND SHORT STORY
YOGA SUDARISMAN, Prof. Dr. Siti Chamamah Soeratno
2013 | Tesis | S2 Pengkajian AmerikaTesis ini mencoba mengulas film yang diadaptasi dari video game dalam kaitannya dengan citra perempuan Amerika. Dengan melihat sejarah dari kedua media (video game dan film) tersebut, produk-produk budaya populer Amerika ini mampu menjadi media yang mengekspresikan kondisi sosial dan budaya masyarakat Amerika – khususnya era digital sekarang ini – seperti menggambarkan citra perempuan pada film popular Amerika yang diadaptasi dari video game. Seperti diketahui, media video game selalu berkaitan dengan dunia digital dan dunia laki-laki. Di satu sisi, citra perempuan dalam film yang diadaptasi dari video game bagaimanapun juga akan dihadirkan sesuai dengan harapan penonton laki-laki. Di sisi lain, adaptasi dari video game ke film membuat produsen film mencoba menampilkan tokoh perempuan sesuai dengan ekspektasi penonton yang lebih luas, dalam hal ini kalangan perempuan. Fenomena tersebut menjadi ide untuk diadakan penelitian lebih lanjut dalam tesis ini. Melalui analisis adaptasi pada data primer film Tomb Raider (2001 & 2003), penelitian ini mengungkapkan bahwa citra tokoh perempuan Amerika pada sastra popular Amerika khususnya pada film-film dan cerpen yang diadaptasi dari video game mempunyai dua citra yang ambivalen. Pertama, perempuan masih digambarkan sebagai object sexual atau digambarkan untuk memenuhi harapan penonton laki-laki. Kedua, tokoh perempuan digambarkan sebagai agen dari perempuan baru di Amerika, mengikuti tuntutan harapan penonton perempuan.
This research examined the film that adapted from video game in relating with the image of American woman. By observing the history of both media (video game and film), those products of American popular culture were assumed able to express the social and cultural phenomenon of America – especially in this digital era – such as presenting the image of American women in American film that adapted from video game. As widely known, video game media has always been related to both worlds: digital and male world. In one hand, the image of woman character in video game however presented to fit male audience’s expectation. In other hand, as it has transformed into film, the filmmaker also trying to bring the woman into the broader audience’s expectation, especially in females. This phenomenon brings to the idea of making further analysis in this thesis. Through the adaptation analysis with the primary data Tomb Raider films (2001 & 2003), the research summarized that the image of American woman in American literature especially in the films and some short stories which were adapted from video game are classified into an ambivalent two images. First, female is depicted as sexual object or mostly presented in the demand of male audience’s desire. Second, female is depicted as the agent of new American woman, following the demand of female audience’s expectation.
Kata Kunci : Adaptasi, Resepsi, Budaya Populer Amerika, video game, Tomb Raider, Citra Perempuan, Feminist, Perempuan Baru Amerika