PENGEMBANGAN MODEL MATEMATIKA DAN DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK REVENUE MANAGEMENT PADA PERSAINGAN OLIGOPOLI INDUSTRI PERHOTELAN (Studi Kasus Industri Perhotelan Yogyakarta)
Yun Prihantina M., Nur Aini Masruroh, S.T., M.Sc., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Teknik IndustriRevenue Management (RM) merupakan salah satu metode yang tepat dalam mengelola produk dengan karakter perishable dan kapasitas tetap. Di sisi lain, pemain dalam bisnis ini juga dihadapkan pada kondisi persaingan. Namun, model RM yang berkembang masih terbatas pada persaingan duopoli. Untuk itu, penelitian ini akan membangun model RM pada kondisi persaingan oligopoli dengan menggunakan industri perhotelan sebagai studi kasus. Penelitian ini mengembangkan model pricing-based RM atau model permintaan dengan harga sebagai satu-satunya faktor yang mempengaruhi konsumen. Empat pendekatan yang diaplikasikan meliputi oligopoli deterministik, oligopoli sekuensial, extended duopoly, dan costumer valuation. Dari keempat model tersebut, model terbaik dipilih sebagai dasar pengembangkan aplikasi dengan Excel VBA dan Macro Excel. Model oligopoli deterministik dibangun dengan multiple linear regression dengan mempertimbangkan faktor harga dan peak season. Sedangkan model lainnya dibangun berdasarkan market size dan cumulative distribution function (CDF) harga. Oligopoli sekuensial didapatkan dengan melakukan duopoli secara repetitif sedangkan extended duopoly adalah model yang dikembangkan dengan pendekatan N-player game theory khususnya formasi cartel againts single player dengan tipe permainan two-person constant sum game. Berbeda dengan tiga model lainnya, model customer valuation tidak mempertimbangkan kompetitor. Asumsi dasar model ini adalah bahwa konsumen memiliki nilai tertentu yang mempengaruhi keputusan pembelian sehingga model ini dibangun berdasarkan CDF purchasing power konsumen masing-masing hotel. Selanjutnya, uji statistik hipotesis, Mann-Whitney, digunakan untuk mengevaluasi model. Pada penelitian ini, keempat model berhasil dikembangkan tetapi hanya model extended duopoly yang secara konsisten menggambarkan kondisi bisnis ketiga hotel dengan nilai p-value lebih dari 0,05. Sedangkan model lain hanya dapat memodelkan satu atau dua hotel saja. Oleh karena itu, model extended duopoly dipilih sebagai dasar pengembangan user interface untuk decision support system bagi praktisi bisnis perhotelan. Aplikasi ini memiliki kemampuan membangun model permintaan dan booking limit serta dilengkapi dengan menu skenario sehingga pengguna dapat melakukan simulasi percobaan strategi dengan memasukkan harga, prediksi harga pasar/kompetitor, dan rasio harga sedangkan prediksi market size dilakukan dengan random number generation. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghitung best pricing strategy.
Revenue Management (RM) is one of proper method to manage product characterized as perishable and fixed capacity. On the other hand, players in business games also face competition. Meanwhile, developed revenue management model is only under duopoly competition. Therefore, RM models under oligopolistic competition are developed in this study by using hotel industries as study case. This study has developed pricing-based RM or demand model with price as the solely factor that affects consumer. There are four approaches used in this study which are deterministic oligopoly, sequential oligopoly, extended duopoly, and costumer valuation. Of those models, extended duopoly has been selected as a base model to develop application using Excel VBA and Macro Excel. Deterministic oligopoly has been developed using multiple linear regression by considering price and peak season as independent variable while other models are developed based on market size and cumulative distribution function (CDF) of price. Sequential oligopoly is obtained by performing repetitive duopoly competitions and extended duopoly is a model developed using N-player game theory approach especially cartel againts single player with two-person constant sum game. Unlike other three models, costumer valuation model does not consider competitor. Basic assumption used in this model is that consumers have certain values affecting their purchasing decision so this model is developed based on CDF of purchasing power each hotels. Furthermore, statistical test, Mann-Whitney, is used to evaluate the models. In this study, those models are successfully developed but extended duopoly is the only model that can represent all hotels consistently with p-value greater than 0,05 while other models can describe actual condition of only one or two hotels. Hence, extended duopoly model becomes the basis of user interface development as decision support system for practitioners. This application has ability to develop demand and booking limit models and is also supported by scenario so user can make simulation for several pricing strategy by filling out the pricing strategy itself, market or competitor strategy, and price ratio while market size is predicted by applying random generation. Besides, it also can calculate best pricing strategy.
Kata Kunci : revenue management, oligopoli, extended duopoly, decision support system, Excel Visual Basic Applicaton, Macro Excel