KAJIAN ARUS MENYUSUR PANTAI DI SEKITAR GROIN PERMEABEL
Rifky Surya Pratama, Prof. Dr. Ir. Radianta Triatmadja, Ph.D.,
2013 | Tesis | S2 Teknik SipilArus menyusur pantai (longshore current) terbentuk karna arah gelombang pecah membentuk sudut terhadap garis pantai. Arus menyusur pantai terbentuk di dalam surf zone dan dapat membangkitkan transpor sedimen menyusur pantai. Transpor sedimen inilah yang dapat menyebabkan erosi disekitar garis pantai. salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan bangunan pelindung pantai jenis groin. Namun demikian, penggunaaan groin juga dapat dijumpai pada groin dengan struktur impermeable atau tidak dapat ditembus arus. Permaslahan groin dengan dengan struktur impermeable dapat diatasi dengan membuat struktur permeable atau dapat ditembus arus namun tetap dapat meredam kecepatan arus. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap dua model groin, yaitu model permeable ganda dengan diameter (dt) 1,25cm dan 1,5cm. Jarak antar tiang (A) 0,7cm, jarak groin (b) 0,5m, 1m dan 1,5m. Peralatan penelitian yang digunakan adalh pembangkit gelombang, alat ukur arus (accoustic dopler velocimeter) dan alat ukur tinggi gelombang (wave probe), meteran dan kamera. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dasar pantai yang tetap atau tanpa sedimen. Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran arus dan tinggi gelombang. Lokasi penelitian dilakukan didalam kolam uji laboratorium hidrolika teknik sipil, Universitas Gajhah Mada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus bergerak searah dengan arah kejadian gelombang pecah akibat adanya sudut yang tidak tegak lurus antara gelombang datang dan garis pantai. Mawar arus yang dihasilkan menunjukkan bahwa arah dominan arus menyusur pantai menuju arah kejadian gelombang pecah. kecepatan arus yang terjadi tereduksi ketika melewati struktur groin permeable. Nilai reduksi kecepatan arus 􀂸 semakin besar apabila nilai perbandingan jarak groin (b) dengan panjang groin (L) semakin keccil dan akan semakin kecil jika nilai perbandingan jarak dan panjang groin 􀂸 semakin besar. Sedangkan nilai koefisien reduksi kecepatan arus 􀂸 akan semakin besar apabila nilai-nilai perbandingan jarak dan panjang groin 􀂸 semakin besar dan begitu juga sebaliknya. Nilai reduksi kecepatan arus menyusur pantai berbanding terbalik dengan angka permeabilitas groin sedangkan nilai koefisien reduksi kecepatan arus 􀂸 berbanding lurus dengan angka permeabilitas groin.
Longshore current is formed when the breaking wave direction make a certain angle to shore line. The longshore current in the surf zone may cause longshore sediment transport. Longshore the sediment transport can cause coastal erotion. One of the solution to overcome this kind of erotion is use groins as coastal protection. Therefore impermeable atructure in groins must be changed by permeable structure that can passed by longshore current but still can reduce the velocity of longshore current. This reseacrh utilize two model of permeable groins, double peermeable groins with diameter (dt) 1,25cm and 1,5cm. sSpace between groins pile (a) 0,7cm and 1cm, length of groins (L) 50cm and the length between two structure groins (b) 0,5m, 1m, 1,5m. The equipments are wave generator, ADV (Accoustic Dopler Velocimeter). wave probe, gauge and camera. this research also utilize fix bed without sediment as sea bed. Longshore current verocity and wave height are collected in this reseacrh. This research location is in hydraulic laboratory of civil engineering, Gajhah Mada University. The result show that be longshore current is derected in occurence with the breaking wave direction. Current rose also shows that dominant current direction is directed in ocurence with the breaking wave direction. The current velocity decreases after pass permeable groins structure. The reduction of longshore current velocity is calsulated base on the difference of current velocity with (Vg) and without groins (Vo). The reduction increase when the ratio of the length of eeach groins structure (b) with the groins length (L) decrease while the reduction coefficient increase wwhen the ratio of the length of each groins structure (b) with the groins length (L) increase. The reduction of longshore current velocity increase when permeability of groins decrease while reduction coeffeicient of longshore current velocity increase when permeability of groins increase.
Kata Kunci : Groin Permeable, Arus menyusur pantai.