Laporkan Masalah

STUDY KOMPARASI LOST FOAM DAN KONVENSIONAL CASTING PRODUK DISC BRAKE

Sumeru Yoso, Dr. Suyitno, S.T., M.Sc.

2013 | Tesis | S2 Mag.Sistem Teknik

Komponen disc brake adalah komponen vital berbahan baku besi tuang kelabu termasuk wearing part yang cepat habis sehingga sering diganti. Komponen pengganti disc brake dalam pasar lokal sudah dipasok oleh industri cor logam lokal dengan kualitas yang sama. Pembuatan disc brake memanfaatkan metode penuangan konvensional dengan inti RCS diletakkan diantara cetakan bawah dan cetakan atas, kemudian cairan logam dituangkan kedalam cetakan. Permasalahannya adalah hasil produk sering cacat karena gas yang timbul dari cetakan green sand sewaktu penuangan tidak dapat terlepas sempurna, kemudian terjebak dalam cairan logam. Pembuatan disc brake berventilasi saat ini belum memanfaatkan metode penuangan evaporative atau lost foam casting sehingga perlu diteliti kelebihan serta kekurangan antara hasil penuangan menggunakan metode konvensional dan lost foam casting mengingat sejauh ini belum ada penelitian untuk komponen disc brake . Metode lost foam casting berhasil dilakukan namun masih menggunakan inti RCS. Waktu pembuatan satu buah mold pasir kering dan penggunaan ulangnya lebih singkat dibanding konvensional casting yang menggunakan dua buah mold bawah atau drag dan mold atas atau coup menggunakan green sand.

Disc Brake component is a vital component with gray cast iron base material, it’s also fast lasting wearing part, so it has be replaced often. The disc brake replacement component in a local market is being supplied by the small scale local metal casting industries have the same quality as the genuine part. Disc brake making process is utilizing casting method inserting RCS core between drag and coup, than metal molten poured inside mold. The problem of this method is the product result often have gas defect because the gas that occur from the mold in casting process cannot be released perfectly, and then trapped in the metal molten caused by permeability or the gas flow in the green sand mold is not good enough. Ventilating disc brake making is not utilizing evaporative casting method or lost foam casting yet at the moment so it need to be research for the gains and the losses between the casting result using conventional method and lost foam casting method, considering that there’s no research for the disc brake component yet as far. Lost foam casting will make good result if it’s combined with the RCS core using. The time duration of the dry sand mold and the re-using will be faster than the conventional casting which using 2 underside mold or drag and upside mold or coup using the green sand.

Kata Kunci : Lost Foam, Disc Brake, Besi tuang kelabu


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.