PERBANDINGAN PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG DENGAN PEMANFAATAN BAHAN BAKAR BENSIN MURNI DAN CAMPURAN BIOGASOLIN PADA PENGGUNAAN MESIN SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAHâ€
SUTRISNA SAPUTRA, Prof. Dr. Karna Wijaya, M.Eng.
2013 | Tesis | S2 Mag.Sistem TeknikSemakin meningkatnya konsumsi bahan bakar minyak bumi sedangkan keberadaannya terbatas serta polusi yang dihasilkan adalah gas berbahaya seperti CO dan HC, masalah ini memicu penelitian biogasolin sebagai bahan bakar alternatif dan aman untuk lingkungan. Bahan utama pembuatan biogasolin yaitu minyak goreng bekas terkatalisis Cr-zeolit yang sudah tidak terpakai dan berbahaya bagi tubuh manusia karena mengandung struktur benzene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah campuran bahan bakar bensin dan biogasolin dapat dioperasikan pada mesin motor dan menghasilkan emisi gas buang yang aman untuk lingkungan. Pengujian yang dilakukan adalah prestasi mesin dan emisi gas buang. Metode ini menggunakan nilai kontrol yaitu bahan bakar bensin dengan perbandingan pada variasi campuran antara bahan bakar bensin dan biogasolin. Variasi ini meliputi 95% bensin -5% biogasolin, 90% bensin – 10% biogasolin, 85 % bensin – 15% biogasolin pada penggunaan sepeda motor dengan jenis 4 langkah. Dari hasil pengujian prestasi mesin penambahan campuran biogasolin pada bahan bakar bensin dan variasi rpm dengan nilai tertinggi pada campuran 90% bensin-10% biogasolin dalam menghasilkan nilai daya. Dari pengujian emisi gas buang tergolong aman untuk lingkungan hidup, karena hasil pengujian tidak melebihi baku mutu udara. Nilai terbaik dalam menghasilkan CO dan HC pada campuran 85% bensin- 15% biogasolin bila dibandingkan dengan bahan bakar bensin dan bahan bakar campuran lainnya namun tidak begitu signifikan.
The increasing consumption of petroleum fuels, while its presence is limited and the resulting pollution is harmful gases such as CO and HC, the issue sparked biogasoline research as an alternative fuel and is safe forthe environment. The main in gredient of making biogasoline ie used cooking oil catalyzed Cr-zeolite absolete and harmful to the human body because it contains the structure of benzene. This study aims to determine whether the mixture of gasoline and biogasoline can be operated on the engine and the exhaust emissions are safe for the environment. Testswere done is machine performance and exhaust emissions. This method uses the value of the control with the gasoline fuel mixture ratio on the variation between gasoline and biogasoline. This variation accounts for 95% gasoline-biogasoline 5%, 90% gasoline -10% biogasoline, 85% gasoline -15% biogasoline on the use ofa motorcycle with the type4 steps. From the results of performance testing engine biogasoline the addition ofa mixture of gasoline andvariations rpm with the highest scoreina mixture of 85% gasoline -15% biogasoline in generating torque and power values. Onexhaust emissions testing is safe for the environment, because the test results do not exceed air quality standards. The best value in producing Co and HC on a blend of 85% gasoline-15% biogasoline when compared to gasoline and other fuel mixture but not so significant.
Kata Kunci : bahan bakar, biogasolin, prestasi mesin dan emisi gas buang.