ENGLISH TEACHING MATERIALS FOR KINDERGARTENS
SAKINAH ADELIA FIIMANTI, Nur Endah Nugraheni, S.S., M.A.
2013 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPendidikan Anak Usia Dini adalah dasar utama proses pendidikan yang dilewati oleh manusia. Hal ini berlangsung pada usia keemasan seseorang yaitu antara rentang usia 3 sampai 7 tahun. Dewasa ini, banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah-sekolah yang menyelenggarakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu pre-school/ pre-kindergarten untuk usia sebelum Taman Kanak-Kanak. Proses pembelajaran Bahasa Inggris telah termasuk dalam kurikulum standar Pendidikan Anak Usia Dini. Siswa pre-school/ pre-kindergarten dan kindergarten telah dibekali materi Bahasa Inggris yang ringan dan sesuai dengan usia mereka. Namun, materi yang diajarkan harus disesuaikan dengan teori Pendidikan Anak Usia Dini dan kemampuan kognitif anak. Hal ini belum dilaksanakan oleh Taman Kanak-Kanak di Yogyakarta secara menyeluruh. Melalui tugas akhir ini, penulis bermaksud untuk menjelaskan tentang teori Pendidikan Anak Usia Dini dan materi pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai untuk anak-anak didik di Taman Kanak-Kanak. Data-data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini banyak diperoleh dari library research yaitu metode pustaka. Penulis juga menyusun tugas akhir ini dengan menganalisis isi dari buku-buku tersebut. Sebagian data juga diperoleh dari database beberapa sampel sekolah Taman Kanak-Kanak Di Yogyakarta dan melalui wawancara dari sejumlah guru. Hasil dari penulisan tugas akhir ini menyimpulkan bahwa materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa pre-school dan/atau Taman Kanak-Kanak telah sesuai dengan standar kurikulum teori Pendidikan Anak Usia Dini serta kemampuan kognitif dan kebutuhan belajar anak.
Early Childhood Education is the main basic of education for the people. It happens in the golden ages, 3 to 7 years old. Recently, there are many parents who support their children in golden ages to get the school which has Early Childhood Education or pre kindergarten program. It uses method of learning by playing which is fun for children. English lesson is already included in the basic curriculum for Early Childhood Education. Pre-school/ pre-kindergarten students begin to study English lesson which is easy and proper for their ages. However, the materials must be adapted to both the theory of Early Childhood Education and the cognitive capability of the children. Yet, it has not already implemented by kindergartens in Yogyakarta comprehensively. By this graduating paper, the writer wants to explain about the theory of Early Childhood Education and the proper English materials for the children in Kindergarten. The writer uses the mostly data from the library research method. Also few data is taken from some Kindergartens in Yogyakarta by interviewing the teachers. The writer also uses content analysis method to explore the contents the book. The results of this graduating paper conclude that the English materials for Kindergarten students are proper to the curriculum of Early Childhood Education, the cognitive capability of the student and also the student‟s need.
Kata Kunci : Pendidikan anak usia dini, Bahasa Inggris, Taman kanak-kanak