REPRESENTASI PASIFISME DALAM FILM ANIMASI JEPANG (Studi Semiotik Representasi Pasifisme dalam Film Animasi Jepang Gundam 00)
ANGGORO ADISUJIWO, Dr. Kuskridho Ambardi, MA.
2013 | Skripsi | Ilmu KomunikasiFilm animasi Jepang atau yang disebut anime tidak hanya untuk konsumsi anakanak. Anime dibuat dengan berbagai genre cerita sehingga juga untuk konsumsi remaja dan orang dewasa. Dengan demikian dalam cerita anime selain berisi pesan-pesan dan ide-ide dari pembuat anime, dapat juga diberi muatan-muatan lainnya yang ditujukan untuk konsumsi remaja dan orang dewasa, salah satunya dapat digunakan menyebarkan sebuah ideologi. Jepang di masa lalu pernah menjadi korban tragisnya sebuah perang, yaitu pada waktu Perang Dunia II dua kota besarnya, Hiroshima dan Nagasaki, dihancurkan oleh bom atom Pasukan Sekutu. Sesudah peristiwa itu Jepang menyatakan diri sebagai negara anti perang dan pelopor perdamaian (tertuang dalam “Artikel 9 Konstitusi Jepangâ€). Beberapa anime dibuat dengan ide cerita dari situasi tersebut yaitu tentang buruknya sebuah peperangan maupun indahnya sebuah perdamaian. Anime Gundam 00, adalah seri ke-11 dari 13 seri anime Gundam yang ada saat ini. Pada Gundam 00, elemen-elemen yang ditampilkan mirip dengan di dunia nyata, seperti, nama negara, visualisasi tokoh-tokoh negara, ras, lokasi, bahkan konflik-konfliknya. Film anime ini bertemakan perang tetapi sekaligus menampilkan adegan-adegan ajakan menghindari perang dan pesan-pesan persatuan di dunia. Penelitian ini menggunakan metodologi semiotik dari Roland Barthes untuk menemukan letak kesamaan negara-negara dan konflik-konflik yang ditampilkan di dunia Gundam 00 dengan di dunia nyata, serta untuk menjabarkan bagaimana makna dari adegan-adegan perdamaian yang ditampilkan berkaitan dengan paham Pasifisme. Melalui penelitian ini, peneliti ingin membuka wawasan pemikiran pembaca bahwa, anime dapat digunakan sebagai media untuk mempopulerkan sebuah paham, khususnya di skripsi ini tentang paham pasifisme yang selalu diperjuangkan keberadaannya oleh sebagian masyarakat Jepang agar tidak terjadi lagi perang di manapun.
Japanese animated film or called anime is not just for children's consumption. Made with various genres of anime story so well for consumption teenagers and adults. Thus in addition to the anime story contains messages and ideas from the anime makers, may also be other charges intended for the consumption of teenagers and adults, one of which can be used to spread an ideology. Japan in the past been a victim of a tragic war, which at the time of World War II, two large cities, Hiroshima and Nagasaki, destroyed by Allied atomic bomb. After the incident the Japanese claim to be anti-war and a pioneer state of peace (contained in \"Article 9 of the Japanese Constitution\"). Some anime created with the idea of a story that is about a war is as bad a situation and the beauty of a peace. Anime Gundam 00, is the 11th series of the Gundam 13 anime series available today. On Gundam 00, elements similar to that shown in the real world, such as, the name of the country, state figures visualization, race, location, and even its conflicts. This anime-themed war movie but at the same time showing scenes of war and avoid solicitation messages of unity in the world. This research uses of Roland Barthes' semiotic methodology to locate the similarities countries and conflicts that appear in the Gundam 00 world with the real world, and to describe how the meaning of scenes that appear related to peace Pacifism understand. Through this study, researchers wanted to broaden the reader thinking that, anime can be used as a medium to popularize an understanding, especially in this thesis about understanding who always championed pacifism existence by some Japanese people in order to avoid another war anywhere.
Kata Kunci : anime, Gundam, pasifisme