Laporkan Masalah

PENGUKURAN PERSEPSI KONSUMEN TENTANG ATRIBUT KEMASAN BUAH TOMAT BEEF (Lycopersicum esculentum Mill) SEGAR UKURAN 1KG DALAM KEMASAN PLASTIK SEBAGAI LANGKAH PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya, Batu, Malang)

RENY KARTIKA ASMARA, Dr. Ir Dyah Ismoyowati., M.Sc.

2013 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRI

Kecerdasan konsumen PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Agrowisata, Batu, Malang dalam membeli produk dipengaruhi antara lain oleh atribut kemasan. Atribut kemasan pada perusahaan ini menjadi salah satu faktor penting dalam perbaikan strategi pemasarannya, sehingga untuk mengetahui pengaruh atribut kemasan terhadap keputusan pembelian dilakukan pengukuran persepsi konsumen dengan bantuan kuesioner yang diolah datanya dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = -0.123+ 0.031X1 + 0,115X2 + 0,163X3 + 0,285X4, dengan variabel Y sebagai keputusan pembelian dan variabel X sebagai variabel persepsi konsumen tentang desain label kemasan (X1), desain bentuk kemasan (X2), desain grafis kemasan (X3), dan fungsi kemasan (X4). Hasil uji F menunjukkan bahwa keempat variabel X signifikan mempengaruhi variabel Y. Hasil uji t menunjukkan bahwa desain label kemasan tidak berpengaruh, sedangkan desain bentuk kemasan, desain grafis kemasan, dan fungsi kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara signifikan, dan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh desain bentuk kemasan, desain grafis kemasan, dan fungsi kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian cukup kuat yakni sebesar 60,2%.

Consumerintelligence of PT. WisatajayaDinasasriSatriaKusumaAgro, Batu, Malanginbuying aproductinfluenced by theattributes ofthe packaging.Packagingattributesonthis companyto be oneimportantfactorin the improvement ofits marketing strategy, so astodetermine the effecton purchasing decisionspackagingattributesmeasured perceptionsof consumerswiththe help ofquestionnaireswereprocesseddata bymultiple linearregressionanalysismethod. The results showedthe regressionequationY=-01230.031X1+0.163+0.115X2+X3+0.285X4, with avariableYas thepurchase decisionandthe variableXas avariableconsumer perception ofthe labeldesign(X1), the form ofpackagingdesign(X2), graphic designpackaging(X3), and thepackagingfunction(X4). Ftestresultsshowedthatfour variablessignificantlyinfluence the variableXY.T-testresultsshowedthat thedesign ofthe labelhas no effect, while theform ofpackagingdesign, graphicpackagingdesign, packagingandfunctioninfluence on purchase decisionssignificantly,andthe coefficient of determination(R2) indicatesthat theinfluence ofthe form ofpackagingdesign, graphicpackagingdesign, andfunctionalitypackaginginfluence on purchase decisionsthatare strong enoughfor60.2%.

Kata Kunci : Persepsi Konsumen, Atribut Kemasan, Strategi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.