Laporkan Masalah

PERANAN FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI HOTEL GRAND DAFAM MERAPI MERBABU YOGYAKARTA

KASTONO WAHYU WIDODO, Pitaya, S.E.T., M. Sc.,

2013 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan. Bentuk pelayanan tersebut salah satunya di bagian food and beverage. Food and beverage mutlak perlu dalam operasional hotel. Hasil penjualan makanan dan minuman merupakan pendapatan terbesar kedua setelah pemasukan dari penjualan kamar. Oleh karena itu peningkatan kualitas food and beverage service perlu dilakukan untuk mencapai kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan food and beverage service di Hotel Grand Dafam Merapi Merbabu Yogyakarta, untuk mengetahui standar operasional prosedur food and beverage service di Hotel Grand Dafam Merapi Merbabu Yogyakarta, dan untuk mengetahui bagaimana cara menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan guna mencapai kepuasan tamu. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan dan metode pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.Kemudian data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan analisis kualitatif untuk mendapatkan kesimpulan sesuai dengan judul yang diangkat. Pengembangan kualitas pelayanan food and beverage service sangat penting dalam dunia perhotelan. Pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat standar pelayanan, memperhatikan proses pelayanan selama operasional, Semua itu perlu dilakukan karena pelayanan yang berkualitas akan menghasilkan kepuasan bagi tamu.

Hotel is a form of accommodation maintained commerciallu provided for any body to acquire service and lodging. The service is one of them at the food and beverage, food and beverage absolute need in operationalhotel. The sale food and drink is income second largest after earning from sales room. Hence the quality of food and beverage service necessary to reach customer satisfaction. This research aims to know the of food and beverage service at the Grand Dafam Merapi Merbabu hotel. To know the standart operational procedures for food and beverage service at the Grand Dafam Merapi Merbabu hotel. Within and to know to maintain and improve the quality of service in order to achieve guest satisfaction. The research was conducted over a three month period and method of data collection is done by means of observation, interview, documentation, and library studies. Then the data already abtained were analyzed using qualitative analysis to get conclusions in accordance with titles lifted. The development of service quality food and beverage service is very important in the world hospitality. The development was can be done by means of sevices, makes default service process during operation, taking into account all that needs to be done because the service quality will produce gratification for a guest. Maintain and improve the quality of service for the satisfaction of a guest.

Kata Kunci : menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk kepuasan tamu


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.