PROFESIONALISME KERJA RESEPSIONIS SPA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA
FITRI IRMAYANTI, Widyarini Wirjono, S.E., M.M.
2013 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAANPariwisata yang tumbuh di Indonesia berkembang cukup pesat. Banyaknya wisatawan yang datang ke Indonesia membuat permintaan akan akomodasi seperti hotel sebagai tempat menginap sementara juga meningkat. Hotel tidak hanya memberikan fasilitas kamar dan makan minum tetapi juga menawarkan fasilitas lain seperti spa. Spa di Indonesia sangat diminati karena terkenal memiliki bahan tradisional yang bermanfaat untuk kecantikan. Semakin banyaknya wisatawan yang mencari pelayanan spa, maka semakin banyak usaha spa baru yang bermunculan. Hal ini membuat persaingan di dalam usaha spa semakin kompetitif. Salah satu yang bertanggung jawab dan berperan penting dalam persaingan usaha spa ini adalah resepsionis spa. resepsionis spa Atas dasar tersebut, penulis ingin mengetahui peranan dalam memberikan kepuasan kepada tamu pada salah satu hotel di Yogyakarta yaitu The Phoenix Hotel. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualifikasi dan job desk seorang resepsionis spa yang profesional. Penulis mengunakan metode penelitian descriptif yang diperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan praktek kerja lapangan. Sehingga dengan adanya penelitian langsung penulis dapat menganalisis mengenai rumusan masalah yang menjadi kesimpulan dalam permasalahan pada penelitian ini. kualifikasi dan job desk Adapun hasil penelitian dari penulisan Tugas Akhir ini penulis mengetahui bagaimana seorang resepsionis spa yang diterapkan oleh The Phoenix Hotel Yogyakarta dalam memberikan kepuasan kepada tamu. Dalam pembahasan ini juga akan dijelaskan hambatan dan kendala yang dialami oleh resepsionis spa dalam melaksanakan tugas-tugasnya serta bagaimana cara mengatasinya. Sejauh ini resepsionis spa di The Phoenix Hotel Yogyakarta telah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) untuk hotel kelas bintang lima.
Tourism in Indonesia growing quickly. Some tourist comes to Indonesia make need accommodate as hotel as place for take a rest. Hotel not only give room facility and drink eating but also offer other facility as spa. Spa at Indonesian really been popularly have useful traditional material for beauty. Much of tourist that look for spa's service, therefore more effort new spa appereance . It makes emulation in spa's effort gets competitive. One of that responsible and gets essential role outrival this spa's effort is spa’s receptionist. Writer wants to know spa's receptionist role in give satisfaction to expect a guest on one of hotel at The Hotel Phoenix Yogyakarta. To the effect of inscriptive it is subject to be know how qualification and job description of professional spa's receptionist. Writer use methodic research descriptive one that acquired through various data collecting tech kinds as observation, interview, study in library, documentation and field work practice. So with marks sense writer direct research get the analysis hits problem that becomes conclusion on this research. There is result even research of Final Task writing this writer knows how qualification and job description of spa's receptionist that applied by The Phoenix Hotel Yogyakarta in give satisfaction to expect a guest. This under consideration will also word interference and constraint that experienced by spa's receptionist in perform its duty assignment and how to settles it. So far receptionist spa at The Yogyakarta's Hotel Phoenix corresponded to Standard Operational Procedures (SOP) for five-star class hotel.
Kata Kunci : -