PENGARUH KEPERCAYAAN BERBASIS LAYANAN LINGKUNGAN TERHUBUNG DAN KEPERCAYAAN BERBASIS REKOMENDASI KONSUMEN PADA NIAT PEMBELIAN
YULISA VIDA WAHYUNI PERTIWI, Dr. Sahid Susilo Nugroho M.Sc.
2013 | Skripsi | MANAJEMENPenelitian terdahulu menunjukkan bahwa kepercayaan adalah faktor yang penting dalam rangka kesuksesan perdagangan terhubung. Peneliti menduga, faktor ini menjadi penjelas, mengapa tingkat aktivitas perdagangan terhubung di Indonesia adalah rendah. Para peneliti sebelumnya mengkonseptualisasikan kepercayaan dalam perdagangan terhubung berasal dari layanan lingkungan terhubung yang diberikan situs belanja. Selain itu, semakin berkembangnya manfaat dan popularitas jejaring sosial yang memunculkan fasilitas layanan rekomendasi produk baru-baru ini dinilai menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan volume penjualan dalam perdagangan terhubung. Oleh karena itu, peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan berbasis layanan lingkungan terhubung dan kepercayaan pada rekomendasi produk yang diberikan konsumen lain terhadap niat pembelian pada situs belanja dengan situs belanja fesyen sebagai objek penelitian. Subjek penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan pembelian terhubung di situs belanja fesyen dengan jumlah 250 responden. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrumen berupa kuisioner dan metode pengambilan sampel dengan nonprobability sampling menggunakan purposive sampling. Kemudia berdasarkan data sampel tersebut, hipotesis penelitian diuji menggunakan regresi. Uji validitas menggunakan uji analisis faktor dan uji realibilitas menggunakan cronbach alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan konsumen pada situs belanja dan kepercayaan pada rekomendasi produk berpengaruh dalam meningkatkan niat pembelian produk pada situs belanja. Sedangkan layanan lingkungan terhubung dan persepsi konsumen lain yang memberikan rekomendasi produk terbukti memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.
Past research has shown that trust is an important factor in the context of e-commerce success. Researchers suspect, this to be the explanatory factor, why the level of e-commerce activity in Indonesia is low. Previous researchers have conceptualized trust e-commerce from e-servicescape that given shopping site. Moreover, the growing popularity of social networking and the benefits that gave rise to product recommendation service facility recently judged to be an important factor that must be considered to increase the volume of sales in e-commerce. Therefore, this research aims to determine the effect of trust that based on eservicescape and trust in recommendation given another consumer product on the intention to purchase on the shopping sites with fashion shopping site as the research object. The subjects were individuals who had made a purchase in the shopping sites fashion connected with the amount of 250 respondents. This study uses a questionnaire survey instruments and sampling methods is nonprobability sampling using purposive sampling technique. Then based on the sample data, the research hypotheses were tested using regression. Test validity using factor analysis test and reliability test using cronbach alpha. The results showed consumer trust in shopping sites and trust in product recommendation influential in improving product purchase intentions on shopping sites. While environmental e-servicescape and other consumer perception that gives product recommendations proved a significant influence in increasing consumer trust.
Kata Kunci : kepercayaan, layanan lingkungan terhubung, rekomendasi produk, jejaring sosial, niat pembelian