Laporkan Masalah

IMPLIKASI PEMBANGUNAN INSTITUSI PENDIDIKAN (Studi tentang Respon dan Perubahan Status Sosial-Ekonomi Penduduk Asli Desa akibat Pembangunan Institusi Pendidikan di Perdukuhan Pucanganom, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman Yogyakarta)

SARI RACHMAWATI, Fina Iriyati. S.sos. Ma.

2013 | Skripsi | Sosiologi

Setiap pembangunan yang dilakukan pasti diharapkan mampu membawa perubahan-perubahan positif secara sosial ekonomi bagi masyarakat. Perubahan-perubahan di Desa wedomartani khususnya Perdukuhan Pucanganom, sedikit banyak memang disebabkan oleh faktor pembangunan institusi pendidikan, khususnya sejak tahun 2012 pasca berdirinya Universitas Respati Yogyakarta. Perubahan yang terjadi menghasilkan sesuatu yang positif bagi masyarakat sekaligus negatif. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi ke dalam dua point penting yaitu, (1) Bagaimana respon masyarakat penduduk asli desa di Perdukuhan Pucanganom terhadap perubahan peluang sosial ekonomi yang muncul setelah berdirinya UNRIYO. Kemudian, (2) Bagaimana pemanfaatan peluang sosial-ekonomi oleh kelompok penduduk asli strata atas berakibat pada perubahan status ekonomi-sosial masyarakat desa Wedomartani di Perdukuhan Pucanganom. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan varian metodologi studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui kegiatan observasi, wawancara, studi data sekunder, dan dokumentasi di Desa wedomartani. Data dikumpulkan menjadi satu kesatuan unit analisis hingga dapat diintepretasikan secara deskriptif dan memperoleh hasil kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan bahwa pembangunan institusi pendidikan di Desa Wedomartani, khususnya UNRIYO telah menghadirkan berbagai perubahan di ekonomi-sosial dan budaya yang kemudian direspon secara positif baik negatif oleh penduduk asli desa. Respon masyarakat terhadap perubahan juga menghasilkan pastisipasi yang kuat dari kelompok strata atas dan partisipasi lemah dari kelompok strata bawah. Partisipasi yang kuat dari kelompok strata atas diwujudkan melalui tindakan usaha ekonomi yang memanfaatkan aset ekonomi keluarganya untuk membangun jasa indekostan dan warung makan. Melalui tindakan usaha ekonomi terciptanya perubahan status sosial-ekonomi kelompok strata atas yang semakin meningkat, sementara kelompok strata bawah semakin miskin. Sementara itu, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya tidak seluruh lapisan masyarakat penduduk asli desa dapat turut merasakan berkah tetesan dari pembangunan institusi pendidikan tersebut. Bahkan tidak jarang orang yang merasa dirugikan. Hanya segelintir orang tertentu yang mampu memetik manfaat dari pembangunan.

-

Kata Kunci : Pembangunan, Institusi, Pendidikan, Perubahan, Strata, Peluang, Sosial,dan Ekonom


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.