The SWOT Analysis and Marketing Strategies of Getuk Yoko Kurung, Ceper, Klaten
ELINDA YOGA TAMA, Nur Endah Nugraheni, S.S, M.A.
2013 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPenelitian tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan informasi singkat tentang profil Getuk Yoko Kurung sebagai industri kecil yang bergerak di bidang kuliner. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui usaha yang dilakukan oleh Getuk Yoko Kurung dalam menciptakan inovasi produk baru. Selain itu penelitian ini membahas masalah internal dan eksternal Getuk Yoko Kurung sebagai industry kuliner kecil dengan menggunakan analisa SWOT dan mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Getuk Yoko untuk menarik para pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan. Untuk studi pustaka penulis mempelajari buku-buku, majalah, dan materi lain dari internet yang memiliki kaitan dengan obyek penelitian. Dalam studi lapangan, penulis mewawancarai pemilik, pengurus, penjual, pembuat dan pelanggan Getuk Yoko Kurung. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Getuk Yoko Kurung memiliki kelebihan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman berdasarkan analisa SWOT.Analisa SWOT digunakan untuk membantu mengidentifikasi tentang kemajuan usaha Getuk Yoko yang merupakan salah satu usaha kuliner di Klaten. Sehingga Getuk Yoko dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produknya.
This graduating paper aims to give brief information about Getuk Yoko Kurung as a culinary home industry. Furthermore, this graduating paper describes Getuk Yoko which is creating new innovation product. Then, it discusses the problems of Getuk Yoko Kurung, either internal or external problem by using SWOT analysis and its marketing strategies to attract the customers. The methods of collecting data are library research and field study. In the library research, the writer studies several books, magazine, and materials from the internet which are related to the object of the research. For field study, the writer interviews the owner, organizer, sales, maker, and some customers of Getuk Yoko. In conclusion, Getuk Yoko Kurung has strengths, weaknesses, opportunity, and threats based on the SWOT analysis. SWOT analysis is used to help identify the development of Getuk Yoko culinary business so that the owner is able to decide how to market his product.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Getuk Yoko