PENGARUH KESENANGAN BERBELANJA TERHUBUNG TERHADAP NIAT BELANJA KEMBALI DAN GETHOK TULAR
KRITYA ADHISTA, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.
2013 | Skripsi | MANAJEMENTujuan dari penelitian ini untuk memeriksa empat faktor anteseden sebagai penentu kesenangan berbelanja, yaitu kenyamanan, atribut situs belanja, barang dagangan serta keterlibatan, dan untuk menilai konsekuensi kesenangan pada niat perilaku. Penelitian ini mengunakan metode survey. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebar secara terhubung dan diisi langsung oleh 270 responden yang merupakan konsumen dari situs belanja yang cukup dikenal pembelanja terhubung di Indonesia seperti Zalora.co.id, Lazada.co.id, Iwearup.com, Berrybenka.com, Shop-picnic.com, dan Adorableprojects.com. Hasil dari penelitian ini adalah kenyamanan, atribut dari situs belanja, dan keterlibatan berpengaruh positif terhadap kesenangan berbelanja. Kesenangan berbelanja berpengaruh positif terhadap gethok tular positif dan niat belanja kembali.
The purpose of this study is to examine four antecedent factors of shopping excitement, the convenience, the attributes of web site, shopping items and involvement, and to assess the consequences of pleasure on behavioral intention. This research uses a survey method. The data used is obtained from online questionnaires distributed to 270 respondent who are the customers of well-known in Indonesia such as Zalora.co.id, Lazada.co.id, Iwearup.com, Berrybenka.com, Shop-picnic.com, and Adorableprojects.com. This found that convenience, website attributes, and the involvement has a positive effect to shopping excitement. Shopping excitement has a Positive effect to positive word of mouth and intent to return.
Kata Kunci : Belanja terhubung, perdagangan terhubung, kenyamanan, atribut dari situs belanja, barang dagangan, keterlibatan, kesenangan berbelanja, gethok tular positif, niat untuk belanja kembali, kepercayaan terhadap merek