Laporkan Masalah

PERAN SALES MARKETING DEPARTMENT DALAM PENJUALAN KAMAR DAN MEETING PACKAGE PADA HOTEL GRAND ASTON YOGYAKARTA

ANDRI SETYAWAN, Widyarini Wirjono, S.E., M.M.

2013 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah dengan persentase tinggi kunjungan wisata dan kegiatan MICE nya, hal ini mengakibatkan banyak investor baik lokal bahkan asing untuk mendirikan hotel, baik hotel kelas melati atau hotel berbintang. Dengan adanya persaingan bisnis hotel ini tentu memerlukan tim pemasaran atau sales marketing yang handal. Dari beberapa hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta, menurut penulis Hotel Grand Aston Yogyakarta memiliki eksistensi yang bagus dalam jumlah peningkatan occupancy. Hal inilah yang mendasari penulis untuk mengetahui dan melakukan penelitian bagaimana peran tim sales marketing pada hotel Grand Aston Yogyakarta melakukan proses penjualan kamar dan meeting package.Tujuan lain dari penulisan ini untuk mengetahui secara lebih spesifikasi bagian yang secara langsung menjual, menangani dan mengatur kegiatan penjualan dan pemasaran kamar serta meeting package Analisis data yang penulis gunakan yaitu deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap cara kerja sta fteam sales marketing Hotel Grand Aston Yogyakarta dalam melakukan semua proses penjualan kamar dan meeting package. Sehingga dengan adanya pengamatan langsung, peneliti dapat menganalisis mengenai rumusan masalah yang diangkat dan dijadikansebagai tolak ukur untuk mengambil kesimpulan atau jawaban atas permasalahan yang ada dalam departmen sales marketing. Adapun hasil penelitian dari penulisan ini penulis mengetahui bagaimana kinerja departemen sales marketing pada Hotel Grand Aston Yogyakarta dalam menjual kamar dan meeting package untuk konsumen dengan melalui beberapa tahapan proses penjualan seperti, mengirimkan surat penawaran, melakukan kegiatan sales call, memenuhi kebutuhan konsumen akan pelayan produk hotel, dalam pembahasan ini juga akan dijelaskan mengenai kendala-kendala yang terjadi pada departemen sales marketing dan bagaimana cara pemecahan kendala tersebut pada departemen sales marketing. Kendala yang sering dialami oleh departemen ini seperti miss communication, konsumen menginginkan harga yang lebih murah, keterbatasan pengetahuan antara konsumen dengan tim sales marketing dan kendala seperti kurangnya jumlah staff sales marketing itu sendiri dalam penanganan konsumen. Namun semua kendala dapat diatasi oleh pihak sales marketing dengan cara memberikan pilihan alternative yang lebih baik untuk konsumen dan mengevaluasi kerja tim sales marketing.

-

Kata Kunci : -


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.