THEORY OF MIND PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERMAIN SIMBOLIK DAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL
RESNIA NOVITASARI, Dra. Supra Wimbarti, MSc., Ph.D
2013 | Tesis | S2 PsikologiSalah satu aspek perkembangan yang penting adalah kemampuan anak dalam memahami diri sendiri dan orang lain yang dikenal dengan Theory of Mind. Kemampuan ini adalah dasar bagi anak untuk mengembangkan interaksi yang adekuat dengan orang lain. Sehubungan dengan hal tersebut, ada variabelvariabel terkait yang diduga menjadi prediktor atas kemampuan Theory of Mind. Variabel tersebut adalah kemampuan bermain simbolik (Astington & Jenkins, 1995; Taylor & Carlson, 1997) serta kemampuan bahasa verbal (Hughes dkk., 2005; Miller, 2006). Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara kemampuan bermain simbolik dan kemampuan bahasa verbal pada Theory of Mind anak. Kemudian, penelitian ini melibatkan subjek sebanyak 49 orang anak di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Rentang usia anak yang terlibat dalam penelitian ini mulai dari usia 46-61 bulan. Usia rata-rata anak adalah 54,551 bulan dengan perbandingan subjek berdasar jenis kelamin adalah anak laki-laki sebanyak 20 orang (40,81%) sedangkan anak perempuan sebanyak 29 orang (59,19%). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tugas contents-false belief, rekaman audiovisual saat anak-anak bermain simbolik berpasangan, rating pada Smilansky Scale for Evaluation of Dramatic and Sociodramatic Play (SSEDSP), serta Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI) pada subtes verbal. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis regresi logistik biner. Hasil analisis hipotesis mayor menggunakan Omnibus Test of Model Coefficient dengan skor Chi-square=10,394; p=0,006 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan pada keseluruhan model yang diajukan dalam hipotesis ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan bermain simbolik dan kemampuan verbal dapat memprediksi Theory of Mind secara sangat signifikan.
One important aspect of children’s development is children's ability to understand themselves and others, known as Theory of Mind. This capability is the foundation for children to develop an adequate interaction with others. However, research on Theory of Mind is still limited in Indonesia. Therefore, the study of this construct still needs to be developed further, especially in preschoolers. Regarding with this, there are variables related to the predictors of the ability Theory of Mind. The variables are symbolic play ability (Astington & Jenkins, 1995; Taylor & Carlson, 1997) and verbal language skills (Hughes et al., 2005; Miller, 2006). Therefore, this study aims to look at the correlation between the ability to play a symbolic and verbal language skills in children’s Theory of Mind. Then, the study involved subjects as many as 49 children in Masjid Syuhada kindergarten Yogyakarta. The age range of children involved in the study was 46- 61 months. The average age of children was 54.551 months with comparison subjects by sex was a boy of 20 people (40.81%) while girls were 29 people (59.19%). Data collections were conducted through a research-contents false belief task, audiovisual recordings while the children play in pair, rating on Smilansky Scale for Evaluation of Dramatic and Sociodramatic Play (SSEDSP), and the Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI) on verbal subtes. Data analysis using binary logistic regression analysis techniques. The results of the analysis of the major hypotheses using Omnibus Test of Model Coefficient with scores of Chi-square = 10.394, p = 0.006 (p <0.01). These results indicate that there is a very significant overall model proposed in this hypothesis. Thus, it can be concluded that the symbolic play ability and verbal skills can predict Theory of Mind in very significant way.
Kata Kunci : Theory of Mind, kemampuan bermain simbolik, kemampuan bahasa verbal, anak usia prasekolah