Laporkan Masalah

ANA LISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI SALE PISANG DI KABUPATEN KEBUMEN

Uswatun Hasanah, SP., Prof. Dr. Ir. Masyhuri

2013 | Tesis | S2 Ekonomi Pertanian

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) membandingkan nilai tambah agroindustri sale pisang dengan menggunakan pisang raja siam ukuran besar dan pisang raja siam ukuran kecil; 2)membandingkan besarnya nilai tambah agroindustri sale pisang dengan membuat kerekel sale cara pasahan dan cara pres; 3) membandingkan besarnya nilai tambah dari agroindustri sale pisang dengan membuat sendiri kerekel sale dan membeli kerekel sale; 4) membandingkan besarnya nilai tambah dari agroindustri sale pisang yang dilakukan oleh pengusaha murni dan petani pengrajin sale; dan 5) mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi sale pisang. Metode dasar penelitian menggunakan metode diskriptif analitis. Sampel kecamatan dan kabupaten ditentukan menggunakan metode purposive sampling, sedangkan sampel pengusaha menggunakan metode sensus. Analisis data untuk menghitung nilai tambah agroindustri menggunakan metode Hayami dan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi produksi menggunakan metode analisis regresi OLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pisang raja siam yang digunakan tidak menghasilkan nilai tambah yang berbeda; membuat kerekel sale dengan cara pasahan dan cara pres tidak menghasilkan nilai tambah yang berbeda; pengusaha murni mampu menciptakan nilai tambah lebih besar dibandingkan petani pengrajin sale pisang; membeli kerekel sale mampu menghasilkankan nilai tambah lebih besar dibandingkan dengan membuat kerekel sale sendiri; faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi sale pisang adalah jumlah modal, jumlah pisang, dan variabel dummy cara membuat kerekel sale.

The objective of this research are to : 1) compare the value added of sale pisang agroindustry using plantain banana’s conjoined large size and small size of the banana’s raja siam, 2)comparing the value added of sale pisang agroindustry by make the kerekel sale pasahan method and pres method; 3)comparing the value added of sale pisang agroindustry by creating his own the kerekel sale and purchase kerekel sale, 4) comparing the value added of sale pisang agroindustry conducted by a pure entrepreneurs and farmers craftsmen sale pisang; and 5) determine the factors that influence the production of sale pisang. This research uses a descriptive analytical method. Sampling of regency and sub regency used purposive sample method, data collected by cencus method of 43 sale pisang employer’s. the data analysis exerted value added used Hayami method and to determine factors that influence the production of sale pisang it was used regression analysis with OLS method. The results shows that: the size of the conjoined plantains are used to make the sale pisang does not give a different value added; makes kerekel sale with pasahan method and pres method does not produce a different value added; the pure entrepreneur is able to create higher value added than the farmers craftsmen sale pisang; buying kerekel sale able to produce higher value added than the kerekel sale own making; the factors that significantly affect the production of sale pisang is the sum of capital, the number of banana’s that are used and the technique of making kerekel sale as dummy variable.

Kata Kunci : Sale Pisang, Nilai Tambah, Faktor Produksi.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.