Laporkan Masalah

PELATIHAN PROGRAM “TEMANKU SAHABATKU” DAN PENERAPAN STRATEGI SERTA TELADAN GURU DALAM MEMBENTUK KELAS YANG BERSAHABAT

ZUN AZIZUL HAKIM, Prof. Dr. Amitya Kumara, MS., Psi.

2013 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Menciptakan suasana belajar yang kondusif di kelas merupakan tanggung jawab guru sebagai pendidik. Terbentuknya kelas yang bersahabat merupakan indikasi kemampuan guru dalam mengelola kelas. Program “Temanku Sahabatku” merupakan program yang diadaptasi dari buku The Anti Bullying and Teasing Programe for Preschool Classroom, tema persahabatan. Program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yang bernama program “Menciptakan Kelas Bersahabat” dengan tema komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan program “Temanku Sahabatku” dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru serta frekuensi penerapan strategi dan teladan guru dalam membangun kelas yang bersahabat bagi siswa taman kanakkanak di kota Sleman. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan model untreated control group design with pre-test and post-test. Penelitian ini melibatkan dua taman kanak-kanak di Sleman, dimana masing-masing berperan sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis gain score. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan, pengetahuan dan pemahaman guru t(9,27)=8,39. p=0,001 (p<0,05), serta peningkatan yang signifikan juga terkait frekuensi guru menerapkan strategi dan teladan guru setelah pelatihan diberikan t(11)=4,49. p=0,002 (p<0,05).

Teacher has responsibility to create a condusive learning atmosphere in the classroom. A friendly classroom was an indicator of the ability of the teacher in managing classroom. “Temanku Sahabatku” is a programe that developed from the book of “The Anti Bullying and Teasing Programe for Preschool Classroom” friendship theme. This programe is a continuance of former programe called “Menciptakan Kelas Bersahabat” that developed from community theme. The aim of this research is to know how “Temanku Sahabatku” programe, can increase teachers knowledge and comprehension about the programe, and also to know how it increase teacher strategy and modeling in creating friendly classroom in kindergarten. The design of this research is untreated control group design with pre-test and post-test. Two kindergarten will participate in this research, one as experiment group, and the other as control group. The participants were taken from Sleman distric. Gain score analysis was used to analise the data. The research indicates a significant increasing both, the knowledge and comprehension t(9,27)=8,39. P=0,001 (p<0,05), also the frequencies of the teacher strategy and modeling, in creating friendly classroom t(11)=4,49. P=0,002 (p<0,05).

Kata Kunci : Program Temanku Sahabatku, penerapan program, kelas yang Bersahabat.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.