TESIS BRAND COMMUNITY SEBAGAI UPAYA MENDORONG BRAND AWARENESS DJARUM BLACK (Studi Tentang Black Car Community di Yogyakarta)
Esti Windarti, Dr. Kuskirdo Ambardi,M.A
2013 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu KomunikasiData Depkes yang diperoleh dari WHO menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan konsumen rokok terbesar setelah China dan India. Di sisi lain, pemerintah merasa mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kesehatan masyarakatnya. Pemerintah membuat kebijakan yang makin lama makin meyudutkan produsen rokok. Selain pemerintah, kompetitor yang lebih kreatif, membuat persaingan industri ini semakin menarik untuk dikaji. Paradoks antara pemerintah, kompetitor dan konsumen inilah yang pada akhirnya membuat produsen rokok harus memilih strategi pemasaran yang tidak melanggar aturan hukum tapi juga berkesan di pikiran konsumennya. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan membentuk sebuah komunitas binaan atau yang sering dinamakan dengan brand community. Brand community adalah salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan agar konsumen selalu aware terhadap produknya
Data of Department of Health, which is got from WHO, show Indonesia is a country with the biggest cigarette consumer after China and Indian. On the other side, government feels has the responsibility to look out over the society health. Government makes policy which put more pressure to cigarette producers. Besides government, more creative competitor makes this industrial rivalry more interesting to be studied. Paradox between government, competitor and consumer makes cigarette producers should choose marketing strategy which not break the law yet leave an impression at the consumer’s mind. One of strategies used is making a community or often called with brand community. Brand community is one of strategies used by company aimed consumer always aware towards the product.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, brand community, brand awareness