Komunikasi Kelompok Fanbase K-Pop dan Partisipasi Anggota (Studi Kasus Proses Komunikasi Anggota Fanbase Prof’Djo dan Wujud Partisipasi Anggotanya)
Widya Sekar Dwisari, Prof. Dr. Nunung Prajarto, M.A.
2013 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu KomunikasiKelompok Fanbase Prof’Djo (Primadonna of Djogja) merupakan salah satu fanbase K-Pop dari idol band FT Island, band asal Korea Selatan. Prof’Djo dibentuk pada tahun 2010 dengan latar belakang ingin menjadi perwakilan fanbase untuk wilayah Yogyakarta. Komunikasi yang terjalin dalam kelompok merupakan faktor penting agar kelompok dapat terus bertahan. Komunikasi kelompok terkait dengan proses komunikasi merupakan suatu dasar wujud partisipasi anggota kelompok. Proses komunikasi yang baik sangat dibutuhkan demi terwujudnya hal tersebut. Proses komunikasi kelompok terdiri dari beberapa unsur penting yaitu komunikator, pesan, komunikan, dan umpan balik. Dari proses komunikasi yang terjadi tersebut dapat dilihat perilaku komunikasi anggota kelompok yang positif maupun negatif yang berwujud pada partisipasi anggota fanbase dalam hal perencanaan aktivitas fanbase, pelaksanaan rencana, sampai dengan evaluasi kegiatan yang telah terlaksana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengetahui bagaimana komunikasi kelompok fanbase K-Pop dan wujud partisipasi anggotanya. Peneliti akan mengumpulkan data dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi partisipatori terhadap informan dengan teknik purposive sampling. Metode ini diharapkan akan mampu memberikan data sealamiah mungkin sehingga peneliti dapat mendeskripsikan terkait komunikasi kelompok, yaitu proses komunikasi anggota kelompok fanbase dan wujud partisipasi anggotanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya proses komunikasi yang terjalin dengan baik oleh anggotanya, maka wujud partisipasi anggota dalam kegiatan fanbase juga terlihat secara nyata baik kehadiran secara fisik maupun ide. Di sisi lain proses komunikasi dengan dilatarbelakangi perilaku yang baik pula akan menunjang terjadinya hubungan yang baik dalam kelompok serta dapat bersama-sama mewujudkan tujuan kelompok.
Prof’Djo fan-base is one of K-Pop fan-bases of idol band FT Island, South Korean Band. Prof’Djo is born in 2010 with background to be representative fan-base for Yogyakarta area. The communication created in the group is an important factor to make the group survives. Group communication is related with communication process which is a form of members participation. A good communication process is needed to accomplish it. Group communication process consists of several important elements, which is communicator, message, communicant, and feedback. From that communication process, it can be seen the positive and negative attitude of members formed by members participation in planning fan-base activities, executing the plans, until evaluating the activities. The method used in this research is qualitative research method by using case study to figure out how fan-base members communicate and the form of the members participation. Researcher will collect the date by having interview intensively and doing participatory observation toward informant with purposive sampling technique. This method is expected to provide the data as actual as possible so the researcher can describe related group communication, which is the process of fan-base members communication and the form of members participation. The result of this research shows that a good communication between members will effect clearly in members participation, in physical presence and ideas. In the other side, a good attitude in communication process will support a good relationship in group to accomplish the goal of the group together.
Kata Kunci : Komunikasi Kelompok, Proses Komunikasi Kelompok, Wujud Partisipasi Anggota