Laporkan Masalah

ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN BERDASARKAN RESOURCES BASED VIEW Studi Kasus PT Pamapersada Nusantara

Yuni Budi Hastuti, Drs. Ahmad Jamli, M.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

PT. Pamapersada Nusantara (PAMA) adalah perusahaan yang bergerak dibidang coal mining contractor, pasca dikeluarkannya Undangundang No.4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba) semakin menghidupkan iklim investasi pada sektor tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan ketatnya kompetisi bisnis diantara perusahaan tambang dan semakin meningkatnya tuntutan performance dari para customer. Menghadapi fenomena ini maka perusahaan harus memastikan bahwa strategi bisnis yang dipilih sesuai dengan kondisi perusahaan dan lingkungan bisnis sehingga dapat tumbuh dan berkelanjutan. Kondisi persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif. Lingkungan eksternal yang semakin turbulen membuat perusahaan pertambangan batubara berlomba mencari sumber-sumber keunggulan bersaing yang baru, sulit ditiru, langka dan berharga. Penulis menganalisa kondisi persaingan pada perusahaan kontraktor pertambangan batubara dan posisi PT. Pamapersada Nusantara terhadap kompetitor-kompetitornya serta sumber daya dan kapabilitas apa yang dimiliki perusahaan agar dapat menjadi keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat ukur CR4 dan Herfindahl Hirschman Index untuk menganalisis rasio konsentrasi serta menggunakan perhitungan Minimum Efficient of Scale (MES) untuk mengukur hambatan masuk pasar. Sedangkan untuk menguji sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki oleh PT Pamapersada Nusantara, penulis menggunakan uji VRINE (valuable, rare, inimitable or nonsubstitable, and exploitable). Atas analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: PT Pamapersada Nusantara dengan sumber daya dan kapabilitas yang dimilikinya (alat berat, kinerja keuangan, SDM dan pengetahuan, reputasi dan relationship, teknologi dan inovasi) mampu mencapai keunggulan bersaing (sustained competitive advantage). Dengan sumber daya dan kapabilitas yang dimilikinya PT Pamapersada mampu bersaing dan menjadi market leader diantara kompetitor-kompetitornya dengan tetap meminimalisir risiko bisnis.

PT. Pamapersada Nusantara (PAMA) is a coal mining contractor, after the issuance of Act 4 of 2009 on Mineral and Coal Mining (Mining Law) turn the investment climate in the coal industry. These conditions resulted in intense competition among mining business and increasing performance demands of its customers. Faced with this phenomenon the company must ensure that the business strategy is selected according to the environmental conditions and the company's business so it can grow and sustainable. Conditions of increasing competition requires companies to have a competitive advantage. Increasingly turbulent external environment makes coal mining company contest the new sources of competitive advantage, difficult to imitate, rare and valuable. The authors analyze the competitive conditions in the coal mining contractor company and positions of PT Pamapersada Nusantara against it’s competitors and what resources also capabilities of the company in order to be a competitive advantage. This research uses descriptive qualitative method by using CR4 and Herfindahl Hirschman Index to analyze the concentration ratio and using the calculation of the Minimum Efficient Scale (MES) to measure market entry barriers. As for the testing resources and capabilities owned by PT Pamapersada Nusantara, the authors use VRINE test (valuable, rare, inimitable or nonsubstitable, and exploitable). The analysis that has been done, it is concluded that: PT Pamapersada Nusantara with the resources and capabilities of its (heavy equipment, financial performance, human resources and knowledge, reputation and relationships, technology and innovation) are able to achieve sustained competitive advantage. With the resources and capabilities of its Pamapersada to compete and become the market leader among the competitors while minimizing business risk.

Kata Kunci : strategi, keunggulan bersaing, dynamic capability


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.