ANALISIS STRATEGI BERSAING PT INTIKOM BERLIAN MUSTIKA PADA BISNIS SOFTWARE HUMAN RESOURCE DAN PAYROLL DENGAN PENDEKATAN RESOURCE-BASED VIEW
Yodie Mirawan, Ely Susanto, SIP., MBA., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPerkembangan teknologi yang semakin cepat, mendorong pesatnya perkembangan di dunia industri yang mengakibatkan persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Tuntutan para konsumen terhadap jasa atau produk yang ditawarkan semakin besar setiap harinya. Selain itu, berkembangnya kebijakan setiap perusahaan menuntut para pembuat produk dan jasa harus lebih fleksibel dalam memproduksi produk maupun jasa perusahaan. PT. Intikom Berlian Mustika merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri Information & Technology dengan salah satu bisnis unitnya Enterprise Application Services yang ikut bersaing dalam persaingan bisnis software Human Resource dan Payroll. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah strategi apa yang paling tepat untuk bisnis unit Enterprise Application Services agar dapat meningkatkan posisi dalam persaingan bisnis dengan mengacu kepada sumber daya dan kapabiltas yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki PT. Intikom Berlian Mustika saat ini untuk bersaing di dalam bisnis software Human Resources dan Payroll dan memberikan alternatif strategi bersaing yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif, melalui wawancara, observasi lapangan dan studi pustaka. Penelitian menunjukkan bahwa bisnis unit Enterprise Application Services dapat menerapkan strategi fokus diferensiasi dengan cara fokus untuk melayani kebutuhan pelanggan dalam pasar tertentu, yakni pelanggan di industri manufaktur dan keuangan, dan diferensiasi karena memiliki keunggulan jasa service termasuk layanan purna jual yang berkualitas baik sebagai pembeda dari competitor. Penggunaan strategi alternatif lainnya yang ditemukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengembangan pasar dengan memperluas jaringan dan cakupan wilayah terutama di wilayah atau kawasan industri yang ada di Indonesia dan melakukan penawaran software STREAM dengan cara menawarkan jasa outsource layanan human resource dan payroll terutama kepada customer yang memiliki jumlah karyawan yang banyak.
Rapid technology development causes competition in business world become more and more intense. Customer is becoming more demanding in term of service or product that being offered to them. Moreover changes in company’s wisdom ask the service or goods supplier to be more flexible in producing the service or goods. PT. Intikom Berlian Mustika (Intikom Berlian Mustika Inc) is a Information and Technology company with one of it business unit is : Enterprise Application Services. This business unit is competing in software Human Resource and Payroll. The main question/topic in this research is : What is the best strategy for the Enterprise Application Services business unit to have better position in the business competition with considering it resources and capability. The Intention of this research is to analyze the current resources and capability of PT. Intikom Berlian Mustika to compete in software Human Resources and Payroll business and offer an alternative strategy. This research is using Qualitative and descriptive analysis, through interview, field observation and literature. The research discover that the Enterprise Application Services business unit can apply focus differentiation strategy with focusing to serve customer’s needs in niche/specific market, that is manufacture company and financial company. Differentiation due to superior in service include outstanding after sales service compare to competitor. This research also discover another alternative strategies : to conduct a market development with expending network and area especially in business district in Indonesia, offer software STREAM with offering a outsource service in human resource and payroll especially to customer that have significant number of employee.
Kata Kunci : STREAM, human resource, Resource Based View, VRIO, Strategi Bersaing, competitive advantage, SWOT, Matrix TOWS, Key Succes Factor