Laporkan Masalah

KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN STRATEGI BERSAING BISNIS AIR MINUM DALAM KEMASAN Studi pada Air Minum dalarn Kemasan Club

Welli Kristanto Koerniawan, Ely Susanto, SIP., MBA., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Dari merek-merek air minum dalam kemasan yang ada di Indonesia, air minum dalam kemasan merek Club adalah salah satu pemain nasional yang sukses dalam melakukan pengembangan bisnisnya, serta mampu menduduki posisi market share nomor dua setelah market leader, bersaing dengan perusahaan-perusahaan multinasional yang ada di Indonesia seperti AQUA- Danone, VIT-Danone, Nestle Pure Life-Nestle dan Ades-Coca-cola. Oleh sebab itu penulis ingin menjadikan perusahaan AMDK merek Club sebagai obyek penelitian mengenai bagaimana strategi yang dilakukan oleh air minum Club, sehingga dapat menjadi air minum nomer dua secara nasional. Pada penelitian ini digunakan metode analisis kualitatif, untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh air minum dalam kemasan Club, sehingga dapat menjadikan dan mempertahankan Club sebagai air minum ke 2 secara nasional. Pertama-tama dilakukan analisa lingkungan makro perusahaan, kemudian kedua analisa lima kekuatan persaingan atau five forces analysis dan terakhir analisa strategi bersaing. Dari penelitian ini dapat disimpulkan untuk strategi low cost leadership yang dilakukan oleh Club saat ini sudah sangat tepat dan menunjang pertumbuhan air minum Club. Tetapi dalam perkembangan perusahaan mendirikan unit bisnis baru untuk pabrik kemasan, dapat menyebabkan Club kehilangan fokusnya dalam industri air minum.

Of the brands of bottled drinking water in Indonesia, Club bottled drinking water is one of the national players who are successful in conducting business development, and is able to occupy the second position in the market share after the market leader, competing with multinational companies in Indonesia such as AQUA-Danone, VIT-Danone, Nestle Pure Life-Nestle and Ades-Coca-cola. Therefore, the author wants to make Club bottled water company as an object of research on what strategy is undertaken by Club drinking water, so that it can become the second drinking water nationally. This research used qualitative analysis methods, to identify the strategies used by Club bottled drinking water, so it can make and maintain Club as drinking water number 2 nationally. First analysis of the macro environment of the company is performed, then second analysis of the five forces of competition or Five Forces Analysis and finally competitive strategy analysis. From this study it can be concluded for low cost leadership strategy undertaken by Club is now very appropriate and support the growth of Club drinking water. But in its development, the company established a new business unit for packaging plant, which can cause Club to lose focus in the drinking water industry.

Kata Kunci : Analisa lingkungan makro, analisa lima kekuatan persaingan, analisa strategi bersaing, keunggulan kompetitif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.