Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT XYZ DALAM INDUSTRI ASURANSI JIWA SYARIAH

Gogor Ariyo Wisnu Pradono, S. Si, Dr. Tarsisius Hani Handoko, M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak dan mayoritas penduduk muslim merupakan pasar yang potensial. Industri Asuransi Jiwa Syariah merupakan salah satu sektor industri yang berkembang menjadi bisnis yang menarik untuk dimasuki perusahaan asuransi jiwa konvensional. PT. XYZ adalah perusahaan asuransi jiwa yang baru masuk ke dalam industri tersebut. Pertumbuhan industri asuransi jiwa syariah yang cukup baik menjadikan industri ini semakin banyak perusahaan asuransi jiwa yang ingin masuk ke dalamnya yang mengakibatkan persaingan di industry asuransi jiwa syariah semakin berkembang. Penelitian ini di awali dengan menganalisa kondisi eksternal perusahaan, yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Setelah itu dilakukan analisis industri, driving forces, analisis internal dan analisis pesaing yang meliputi profil perusahaan dan fungsional perusahaan serta faktor kunci sukses. Alat yang dipergunakan pada penelitian ini adalah. analisis Five Forces dan Pengukuran kekuatan kompetitif. Hasil dari analisa Penilaian Kekuatan Kompetitif PTXYZ diperoleh Nilai7.5 bersaing ketat dengan perusahaan B dengan skor 7.75 .Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan Multi Channel Strategy, Marketing Communication dan Infrastruktur/Strategi Perusahaan yang diterapkan PT XYZ merupakan keunggulan kompetitif yang dimiliki untuk bersaing dalam industry asuransi jiwa Syariah.

Statistically, the large number of Indonesian population which is moslem majority is economically a potential market. Sharia Life Insurance Industry is one of the growing industry that attract conventional Life insurance company to enter. competitive strength assessment The study starts with analyzing the main aspect of external condition which are politic, economic,social,and technology.Then exploring the industrial analysis,Driving forces, internal analysis and competitor analysis which include the company profile and also key success factor. The tools used in this study are Five Forces analysis & Result of the study concludes that based on Competitive Strength Assessment analysis of PT XYZ obtains score 7. 5 which head to head with Company B with score 7.75 Based on overall analysis it can be concluded that Multi channel strategy, Marketing Communication and Infrastructure/Corporate Strategy that has been implemented by PT XYZ are the competitive advantages of PT XYZ in order to be able to compete in Sharia life insurance industry.

Kata Kunci : Asuransi Jiwa Syariah, Strategi bersaing, Five Forces Strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.