Laporkan Masalah

FORMULASI STRATEGI PT TUGU PAKULONAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERCETAKAN KEMASAN

David Jasuti Hasudungan, Dr. Agus Setiawan, M.Soc.Sc.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Permintaan akan kemasan di Indonesia terus meningkat dan ditandai dengan peningkatan omset di industri kemasan dari US$ 4,6 milyar menjadi US$ 5,06 milyar pada tahun 2011. Tingginya omset tersebut didukung penyerapan produk pangan dan non pangan yang menggunakan kemasan, ini dapat dilihat dari pertumbuhan minimarket dan hypermarket, di mana kedua sarana tersebut merupakan agen dari pemasaran produk tersebut. Persaingan di industri kemasan sangat ketat dikarenakan industri ini bersifat job-based order dan banyaknya perusahaan yang bergerak di bisnis ini. PT Tugu Pakulonan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kemasan, dengan produksi mencapai 1 ton / bulan. Saat ini PT Tugu Pakulonan melakukan pemusatan penjualan untuk produk kemasan dengan jenis offset printing dan corrugated box, dengan pangsa pasar domestik dan internasional. Untuk dapat merumuskan strategi bisnis perusahaan yang tepat bagi PT Tugu Pakulonan dalam bersaing di industri kemasan maka dilakukan analisis dengan metoda SWOT Analysis dan analisis IE Matrix. Hasil analisis dari ketiga metode di atas menunjukkan bahwa PT Tugu Pakulonan memiliki nilai faktor internal yang tinggi dan nilai faktor eksternal di dalam rata-rata sehingga PT Tugu Pakulonan berada dalam kondisi perusahaan yang sedang berkembang. Strategi yang tepat untuk kondisi tersebut adalah intensifikasi produk dan pemasaran serta integrasi bisnis.

Indonesia’s demand of packaging is increasing which is shown by increasing of packaging industrials’ revenue from US$ 4,6 billion into US$ 5,06 billion in 2011. The high revenue of that industries are supported by absorption of food and non food product which we can see from the growth of minimarket and hypermarket as marketing agents for both product. Rivalry at packaging industrial is very tight because of job-based order and many companies which compete in this business. PT Tugu Pakulonan is one of the company which compete in this business with average of 1 ton production every month. Today, PT Tugu Pakulonan focuses its packaging production in offset printing and corrugated box, with marketing target in domestic and international market. Formulating precise business strategies for PT Tugu Pakulonan which competes in packaging industry can be done by doing SWOT Analysis and IE Matrix Analysis. The result from analysing methods shows that PT Tugu Pakulonan has high internal score with average external score. Precise strategy for that condition is product and market intensification with business integration.

Kata Kunci : formulasi strategi bersaing, industri produk kemasan, SWOT Analysis, IE Matrix, intensifikasi, dan integrasi.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.