Analisis Strategi Bersaing PT Indomobil Finance Indonesia dengan Paradigma Structure Conduct Performance (S-C-P)
Ariyadi Omar, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan penelitian adalah Menganalisa strategi bersaing pada IMFI dengan menggunakan paradigma S-C-P. Terdapat tiga kesimpulan yang diperoleh penulis berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dengan paradigma S-C-P, untuk struktur yang ada di Industri pembiayaan bersifat Perfectly Competitive Market yaitu baik penjual maupun pembeli kecil kemungkinan untuk dapat mempengaruhi pasar,selain itu untuk kekuatannya IMFI mempunyai teknologi informasi yang baik serta kondisi keuangan yang sehat, akan tetapi IMFI juga kedepannya perlu memperhatikan tingkat suku bunga yang diterapkan serta jumlah dealer yang bekerjasama dengan IMFI perlu diperluas lagi. IMFI juga mempunyai empat kunci sukses faktor yang membuat IMFI seperti sekarang ini diantaranya memiliki sumberdaya yang memadai, infrastruktur sistem informasi yang baik, sumber daya manusia yang berkualitas serta pemilihan kantor cabang yang baik. Kesimpulan selanjutnya Untuk perilaku (Conduct) berdasarkan sumberdaya internalnya IMFI memiliki kemampuan dalam hal pelayanan, produk, dan SDM nya. Begitu juga yang termasuk kategori VRIO untuk kinerja diatas rata-rata didapat teknologi dan informasi, sedangkan yang lainnya bersifat normal kinerjanya. Kesimpulan terakhir berdasarkan rasio keuangannya IMFI bisa dikatakan memiliki tingkat rasio keuangan yang baik.
The purpose of the research is to analyze the competitive strategies IMFI using S-C-P paradigm. There are three conclusions derived from the author based on research conducted by the SCP paradigm, a structure that is in the financing industry is Perfectly Competitive Market that is good seller or buyer is less likely to be able to influence the market, in addition IMFI have strength that they have good information technology and a healthy financial condition, but IMFI in the future also needs to have an interest rate that is applied as well as the amount of dealers that work with IMFI be extended again. IMFI also has four key success factors that make this set IMFI them have adequate resources, good information systems infrastructure, qualified human resources as well as a good selection of branch offices. To conduct further conclusions (Conduct) based resource of internal IMFI have the ability in the case of services, products, and its human resources. Likewise included VRIO category for performance above the average obtained and information technology, while others are normal performance. Final conclusion based on its financial ratios can be said IMFI have good level of financial ratios.
Kata Kunci : Industri Pembiayaan, Perusahaan Pembiayaan, Pembiayaan Konsumen, analisis strategi, S-C-P, Concentration Ratio, Five Forces Porters, SWOT, KSF, RBV, Rasio Keuangan