Laporkan Masalah

Identifikasi Batasan Vertikal PT Bumi Cahaya Unggul: Studi pada Evaluasi Keputusan Membuat atau Membeli pada Pembuatan Sistem Package Pompa Sentrifugal

Anci Mirza, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Kondisi persaingan yang semakin ketat memaksa perusahaan-perusahaan di industri pompa untuk mengevaluasi kembali strategi dan proses yang telah dilakukan dalam memproduksi komponen atau produk. Evaluasi tersebut dilakukan guna meningkatkan daya saing perusahaan. Dalam menghasilkan suatu produk, perusahaan membutuhkan banyak input seperti bahan baku dan komponen lainnya. Ada dua pilihan yang dapat diambil perusahaan untuk memperoleh input tersebut yaitu membuat sendiri, atau membelinya dari sumber luar. Penelitian ini membahas mengenai keputusan membuat atau membeli dalam pembuatan sistem package pompa sentrifugal di PT. Bumi Cahaya Unggul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi strategi sourcing terhadap daya saing dan kinerja perusahaan. Untuk mengetahui hal tersebut dipergunakan beberapa analisa, diantaranya analisa lingkungan eksternal, termasuk analisa PEST dan Five Forces Porter, serta analisa lingkungan internal perusahaan. Untuk mengetahui keefektifan pilihan strategi yang telah diambil, dilakukan analisa benchmarking. Analisa strategic group map dilakukan untuk memetakan posisi perusahaan-perusahaan dalam industri pompa terhadap beberapa karakteristik strategisnya. Dari hasil analisa diketahui bahwa strategi sourcing dapat memberikan kontribusi terhadap daya saing dan berdampak pada kinerja perusahaan. Secara khusus, keputusan membuat akan berkontribusi terhadap keunggulan biaya, dan keputusan membeli akan berkontribusi terhadap keunggulan diferensiasi. Perusahaan dengan strategi membuat akan cenderung memiliki harga yang lebih murah dan waktu pengiriman yang lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan perusahaan dapat memanfaatkan semua kapasitas yang dimiliki dan dapat melakukan penghematan biaya. Sementara itu, perusahaan yang lebih dominan menggunakan strategi membeli memiliki keunggulan dari sisi kualitas produk yang dihasilkan dan juga fleksibilitas produksi.

Conditions of increasing competition forced companies in the pump industry to re-evaluate the strategies and processes that have been made in producing components or products. The evaluation was conducted in order to improve the competitiveness of the firm. In producing a product, companies need a lot of inputs such as raw materials and other components. There are two options that can be taken by the company to obtain the input, make itself or buy it from outside sources. This study discusses the make or buy decision on the manufacture of centrifugal pump package system in PT. Bumi Cahaya Unggul. The purpose of this study was to determine the contribution of sourcing strategies toward the competitiveness and performance of the firm. To determine it, the researchers used several analyzes were conducted, including an analysis of the external environment, including PEST analysis and Porter's Five Forces, and the analysis of the company’s internal environment. To determine the effectiveness of the strategy option that have been taken, benchmarking analysis was done. Analysis of strategic group map was done to map the position of the companies in the pump industry for several strategic characteristics. From the analysis, it is known that sourcing strategies can contribute to the firm competitiveness and can impact on company performance. In particular, “make” decision will contribute to the cost leadership, and “buy” decision will contribute to the differentiation leadership. Companies with a “make” strategy will tend to have lower prices and faster delivery times. That is because companies can take advantage of all capacity owned to make cost savings. Meanwhile, the company that is more prevalent to use “buy” strategy will have advantages in terms of quality of the products and production flexibility.

Kata Kunci : Keputusan membuat atau membeli, strategi sourcing, daya saing, keunggulan biaya, keunggulan diferensiasi, dan kinerja perusahaan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.