PENTINGNYA KEPERCAYAAN, KEAMANAN, DAN PRIVASI DALAM SISTEM PERDAGANGAN ONLINE SAHAM: STUDI KASUS PADA D‟ONE WEB TRADE DANAREKSA SEKURITAS
RIZKY NOVIANDI H, Dr. Sumiyana, M.Si.
2013 | Skripsi | AKUNTANSIPenelitian ini dilakukan untuk menguji niat penggunaan sistem perdagangan online saham yang digunakan oleh Danareksa Sekuritas. Variabel eksternal yang digunakan dalam model ini adalah persepsi kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi privasi, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kegunaan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Structual Equation Model (SEM) dengan bantun aplikasi AMOS 19. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah Danareksa Sekuritas yang sudah pernah menggunakan D‟One Web Trade Danareksa Sekuritas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) intensi penggunaan sistem perdagangan online saham dipengaruhi oleh dua variabel yaitu persepsi kepercayaan dan kegunaan, sedangkan persepsi kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi penggunaan, (2) persepsi kemudahan penggunaan yang tinggi memiliki pengaruh terhadap persepsi kegunaan, (3) persepsi kepercayaan dipengaruhi oleh tiga variabel yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan persepsi keamanan. Sedangkan persepsi privasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kepercayaan.
This research was conducted to test the behavioral intentions of using online stock trading system used by Danareksa Securities. External variables on this study are the perceived trust, perceived security, perceived privacy, perceived ease of use, and perceived usefulness. Data analysis was performed with the Structual Equation Model (SEM) using AMOS 19. Respondents in this research were customers of Danareksa Securities who have been using D'One's Web Trade Danareksa Securities. The results of this study found that (1) the behavioral intention of using online stock trading system is influenced by two variables, perceived trust and perceived usefulness, while perceived ease of use has no significant effect on intention of use, (2) perceived ease of use has positive and significant effect on the perceived usefulness, (3) perceived trust is affected by three variables, that are perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived security, while the perceived privacy has no significant effect on the perceived trust.
Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Structural Equation Model (SEM), perdagangan online saham, perdagangan elektronik, kepercayaan