PERLUASAN MODEL TAM DALAM E-BANKING DI INDONESIA
BRIAN PRAKOSO, Dr. Sumiyana, M.Si.
2013 | Skripsi | AKUNTANSITujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor–faktor yang mempengaruhi keberterimaan terhadap sistem informasi khususnya e-banking pada nasabah bank di Indonesia. Faktor yang akan diuji yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, persepsi resiko, pengalaman menggunakan internet, keyakinan diri, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan keberterimaan pengguna. Penelitian ini mengunakan metode survey. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebar secara online dan diisi langsung oleh konsumen yang memakai layanan e-banking di Indonesia. . Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas informasi, persepsi resiko, pengalaman menggunakan internet, keyakinan diri, persepsi kemudahan, dan persepsi kegunaan berpengaruh pada keberterimaan pengguna sistem informasi ebanking. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi di bawah 5% (signifikansi<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas informasi, persepsi resiko, pengalaman menggunakan internet, keyakinan diri, persepsi kemudahan, dan persepsi kegunaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap keberterimaan pengguna sistem informasi. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi lebih besar dari 5% (signifikansi>0,05) pada variabel kualitas sistem sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas sistem tidak memiliki pengaruh terhadap keberterimaan pengguna sistem informasi.
The purpose of this study was to examine the factors that affect the intensity of the use of information systems in particular e-banking in Indonesia. Factors to be tested in this study is system quality, information quality, perceived risk, internet experience, self-efficacy, perceived usefulness, perceived ease of use and user acceptance. This research use survey method. The data use primary data from the questionnaires were distributed by online systems and filled directly by consumers who use e-banking services in Indonesia.. The results of this study are information quality, perceived risk, internet experience, self-efficacy, system quality, perceived usefulness, perceived ease of use affected to user acceptance of information systems e-banking. This is evidenced by the results of the t test showed a significance value of less than 5% suggesting that information quality, perceived risk, internet experience, selfefficacy, perceived usefulness, perceived ease of use, significantly has positive influence to user acceptance of information systems. The results of the t test showed a significance value greater than 5% in the variable system quality so that it can be concluded that the quality of the system does not have an influence on the user acceptance of information systems.
Kata Kunci : information quality, perceived risk, internet experience, selfefficacy, perceived ease of use, perceived usefulness, user acceptance