Laporkan Masalah

MODIFIKASI MODEL BISNIS PT ANSARI JAYA SAKTI Studi Kasus

Medindia Ferolita, Bayu Sutikno, M.S.M., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Model bisnis bermanfaat untuk menggambarkan hal-hal yang terjadi dan berkaitan dengan aktivitas perusahaan, baik faktor internal maupun eksternal perusahaan, sebagai dasar pengambilan keputusan strategis bagi perusahaan. Model bisnis, dengan semua komponen di dalamnya, bersifat fleksibel sehingga dapat dimodifikasi jika diperlukan. PT. Ansari Jaya Sakti, salah satu perusahaan supply untuk industri minyak dan gas bumi, memerlukan modifikasi model bisnis untuk perkembangan perusahaannya. Modifikasi diawali dengan evaluasi model bisnis, dilakukan dengan analisis faktor eksternal dan internal perusahaan. Faktor eksternal perusahaan mempengaruhi strategi yang diambil perusahaan untuk memenangkan persaingan industri, hal ini dievaluasi menggunakan Strategic Diamond, The Five Major Elements Of Strategy. Modifikasi model bisnis diawali dari penyusunan variabel-variabel yang merupakan faktor internal perusahaan dalam nine building blocks, meliputi value proposition, key activities, key resources, key partners, customer relationship, channel, customer segmentation, cost structure dan revenue stream. Setiap variabel dievalusi menggunakan SWOT Assessment. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu riset yang memberikan gambaran mengenai model bisnis pada perusahaan menggunakan data primer melalui wawancara didukung dengan kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari data internal perusahaan. Evaluasi model bisnis secara rutin dapat membantu perusahaan melakukan inovasi seiring dengan perubahan faktor internal maupun eksternal perusahaan. Modifikasi model bisnis yang diikuti dengan aplikasinya pada visi, misi maupun strategi perusahaan akan membawa PT. Ansari Jaya Sakti berkembang menjadi salah satu perusahaan jasa supply terbaik di Indonesia.

The business model is useful for describing things that happened and are associated with corporate activities, both internal and external factors, as a basis for strategic decision making for the company. Business model, with all the components in it, is flexible so it can be modified if necessary. PT. Ansari Jaya Sakti, one of the suppliers for oil and gas industry, requires modification for the development of the company's business model. Modification of the business model begins with an evaluation, conducted by external and internal analysis of the company. External factors affecting the company's corporate strategy taken by the industry to win the competition, evaluated using Strategic Diamond, The Five Major Elements Of Strategy. Modification of the business model starts from the preparation of the variables that are internal factors in the nine building blocks, including value proposition, key activities, key resources, key partners, customer relationship, channel, customer segmentation, cost structure and revenue stream. Each of the variables evaluated using SWOT Assessment. This study is descriptive qualitative research provides an overview of the company's business model using primary data through questionnaires and interviews supported with secondary data obtained from the company's internal data. Evaluation of business models on a regular basis can help companies to innovate in line with the changing internal and external factors of the company. Modification of the business model followed by application to the vision, mission and strategy of the company will bring PT. Ansari Jaya Sakti developed into one of the best supply service company in Indonesia.

Kata Kunci : Model bisnis, PT. Ansari Jaya Sakti, nine building blocks


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.