PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KOMPENSASI TERHADAP ADAPTASI KOGNITIF MANAGER UNTUK MENGHINDARI FIKSASI AKUNTANSI
Ketut Sinta Trisnadewi, Dr. Supriyadi, M.Sc., Ak.,
2013 | Tesis | S2 Ilmu AkuntansiFiksasi akuntansi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seorang pengambil keputusan tidak dapat mengubah proses keputusannya pada saat terjadinya proses perubahan dalam metode akuntansi. Oleh karena itu, jika seorang individu mengalami fiksasi, maka hal tersebut akan mempengaruhi adaptasi kognitifnya dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran dan kompensasi terhadap adaptasi kognitif manager untuk menghindari fiksasi akuntansi. Individu yang mendapatkan kondisi pembelajaran dihipotesiskan akan dapat meningkatkan adaptasi kognitifnya untuk menghindari terjadinya fiksasi akuntansi pada kondisi ada dan tidak adanya kompensasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen laboratorium 2 x 2, dengan subjek 115 orang mahasiswa Msi jurusan Akuntansi, MAKSI, dan PPAK FEB UGM. Masing-masing subjek diproksikan sebagai seorang manager yang kemudian akan disajikan satu dari empat kasus yang tersedia secara random (random assignment). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis two-ways Anova dengan tingkat kesalahan lima persen (0,05). Sebelum melakukan analisis Anova, dilakukan uji normalitas dan test of homogeneity of variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pembelajaran akan berpengaruh pada adaptasi kognitif manager untuk menghindari fiksasi akuntansi. Namun, penelitian ini belum dapat memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kompensasi dan interaksi antara pembelajaran serta kompensasi terhadap adaptasi kognitif manager untuk menghindari fiksasi akuntasi.
Accounting fixation is the condition that occurs when a decision makes cannot change their decision at the time of the change in accounting method. Therefore, if an individual is suffered fixation, then it will affect their cognitive adaptation to make the decisions. This study aims to examine the effect of learning and compensation on manager’s cognitive adaptation to avoid accounting fixation. Individuals who get learning condition is hypothesized would be increased their cognitive adaptation to avoid accounting fixation in both present or absent compensation condition. This study uses 2 x 2 laboratory experiment design, with 115 subject students of Msi majoring in accounting, MAKSI, and PPAK FEB UGM. Each subject was provided one of four versions of the case are available were randomly (random assignment). Data analysis techniques that have been used in this study is the analysis of two ways Anova with an error rate of five percents (0,05). Before performing Anova analysis, we conduct normality test and test of homogeneity of variance. The study results showed that the influence of learning to manager’s cognitive adaptation to avoid accounting fixation. But, this study cannot provide the empirical evidence about the effects of the compensation and interaction between learning with compensation on manager’s cognitive adaptation to avoid accounting fixation.
Kata Kunci : Pembelajaran, Kompensasi, Fiksasi Akuntansi, Adaptasi Kognitif, Perubahan Metode Akuntansi.