PLACE BRANDING KAWASAN KOTA TUA AMPENAN, LOMBOK BERDASARKAN PERSEPSI DAN EKSPEKTASI STAKEHOLDERS
REKTA DESKARINA, M. Sani Roychansyah, S.T., M.Eng., D.Eng.
2013 | Tesis | S2 Mag.Arsitektur PariwisataKawasan Kota Tua Ampenan merupakan aset sejarah bekas kolonial Hindia Belanda yang kaya akan potensi wisata. Kota Tua Ampenan merupakan embrio perkembangan kota-kota lain di Lombok. Keberadaan tempat bersejarah pada dasarnya akan menciptakan nilai yang berharga dalam pariwisata, apabila ditunjang dengan atraksi hidup lainnya. Kota Tua Ampenan dengan wajah lama memang harus tetap dilestarikan sebagai simbol dan karakter sebuah kota. Untuk itu diperlukan konsep place branding untuk Kota Tua Ampenan. Penerapan place branding suatu destinasi bertujuan untuk mengubah cara pandang terhadap tempat tersebut, termasuk melihat perbedaan sebuah tempat dengan tempat lainnya untuk di pilih sebagai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen penting apa berperan dalam place branding Kota Tua Ampenan menurut persepsi dan ekspektasi stakeholders. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan narasumber dan pengamatan lapangan. Analisis data dengan menggunakan analisis Important-Performance Analysis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen penting yang berperan dalam place branding Kota Tua Ampenan berdasarkan persepsi dan ekspektasi stakeholders adalah komponen character. Komponen ini dianggap sangat penting namun performa kinerjanya sekarang dianggap kurang baik. Komponen character ini perlu ditingkatkan kualitasnya sebagai awal dari konsep place branding Kota Tua Ampenan.
Ampenan Old City is an asset former colonial history that is rich in tourism potential. It is the embryonic development of other cities in Lombok. The existence of some historic place basically will create value in tourism, which is supported by other live attractions. Ampenan Old City with a long faces should remain preserved as a symbol and character of the city. For that required place branding concept of Ampenan Old City. The application of place branding for a destination aims to change the perception of a place, including perceive the difference a place with other places to choose as a destination. This research aims to know the essential components of what role in place branding of Ampenan Old City according to perseptions and expectations of stakeholders. The combination between qualitative and quantitative method are used as the research method. The data collection are obtained by using questionnaires and interview. Meanwhile the the observation has also conducted in this research. Analysis of the data by using Importance-Performance Analysis with statistic descriptive. The result showed that an essential component which acts in place branding of Ampenan Old City according to stakeholders perseptions and expectations, is a component character. This component is considers very important but its performance now is not considers well. Component character needs to be improved its quality as the beginning of the concept of place branding of Ampenan Old City.
Kata Kunci : place branding, kota tua Ampenan, persepsi, ekspektasi