STRATEGI DEPARTEMEN POLICY, GOVERNMENT, PUBLIC AFFAIR (PGPA) DALAM UPAYA PENYELESAIAN PERSOALAN ANTARA PT. CHEVRON PASIFIC INDONESIA DAN MASYARAKAT DI ZONA MERAH
SUZY YOLANDA GUSSMAN, Prof. Dr. Nunung Prajarto, M.A.
2013 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu KomunikasiPT. Chevron Pasific Indonesia (CPI), merupakan salah satu perusahaan perminyakan dan gas alam terbesar di Indonesia. Untuk operasinya di Pulau Sumatera, CPI membuka tiga buah lapangan minyak utama yang tersebar di Provinsi Riau. Salah satu persoalan yang cukup mendapatkan perhatian perusahaan saat ini yaitu banyaknya masyarakat yang mendirikan pemukiman di jalur lintas pipa yang merupakan zona merah atau zona bahaya. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan mengingat di sekeliling lokasi tersebut terdapat pipa penyalur bertekanan tinggi. Selain berdampak pada keselamatan masyarakat, persoalan ini juga berdampak pada kegiatan operasi perusahaan. Dalam menyelesaikan persoalan ini, peran Departemen Policy, Government, and Public Affair (PGPA) sebagai radar bagi perusahaan dituntut untuk mampu merespon secara proaktif dampak dari perubahan lingkungan eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang langkah strategi yang ditempuh oleh Departemen PGPA sebagai departemen yang menjalankan peran dan fungsi public relations dalam menyelesaikan persoalan antara perusahaan dan masyarakat di zona merah, terutama dalam upaya penyelesaian kasus di salah satu titik lokasi perusahaan yang dikategorikan sebagai zona merah yaitu 7D66. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus. Studi kasus digunakan sebagai strategi penelitian dalam penelitian ini untuk menjawab pertanyaan tentang “bagaimana†strategi yang ditempuh oleh Departemen PGPA sebagai public relations perusahaan dalam menyelesaikan kasus 7D-66 di mana terdapat sejumlah bangunan milik masyarakat yang dibangun di lahan konsesi perusahaan yang berbahaya. Dalam penelitian ini, metode studi kasus dipilih karena CPI termasuk unik dan memiliki kekhasan dalam menyelesaikan persoalan di zona merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan sentuhan public relations dalam menyelesaikan persoalan di zona merah. Keterlibatan Departemen PGPA sebagai respon terhadap kegagalan upaya komunikasi terdahulu yang dilakukan oleh orang-orang yang justru memancing situasi negatif. Dalam menyelesaikan persoalan ini, Departemen PGPA menggandeng aparat pemerintah lokal untuk dapat mendukung tindakan dan komunikasinya serta membantu memfasilitasi dialog terbuka dengan masyarakat. Strategi komunikasi perusahaan lebih bersifat responsif bukan proaktif. Perusahaan baru mengambil tindakan setelah adanya indikasi bahaya dari suatu lokasi. Keterlibatan stakeholders baik internal dan eksternal merupakan salah satu faktor kunci yang tidak bisa ditawar dalam proses penyelesaian. Koordinasi dan kerjasama antar semua pihak terkait dapat membantu meminimalkan potensi konflik dari keberadaan kasus ini.
PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI), is one of the largest oil and natural gas companies in Indonesia. For operations on the island of Sumatra, CPI opened three major oil fields which scattered in Riau Province. One of the company's issues that get enough attention is the people who founded the settlement in a crossing pipe of red zone or danger zone. This condition is very worrying given that the the site has many high-pressure pipelines. In addition to the impact on public safety, this issue also affects the company's operations. In resolving the issue, the Department of Policy, Government, and Public Affairs (PGPA) have the role to be company’s radar to respond proactively on the impact of changes in the external environment. The purpose of this study was to obtain an overview of the strategic steps taken by the Department PGPA which carry out the role and functions of public relations in resolving the issues between the company and the people in the red zone, especially to resolve the case at the company's location which categorized as red zone ie 7D-66. In this study, the researchers used a case study method. Case study is used as a research strategy in this study to answer the question of \"how\" the strategy adopted by the Ministry PGPA as public relations firms in resolving cases 7D-66 where on the site has community-owned settlements that was built in the dangerous area of the concession company. In this study, the case study method was chosen because the CPI is unique and the uniqueness in solving the red zone issue. The results showed that the company needed a touch of public relations in solving the problem of red zone. Involvement of PGPA Department in response to the failure of previous communication efforts made by some actors had terribly provoke a negative situation. In resolving this issue, the Department PGPA hold local government officials to support the actions and communication as well as helping to facilitate an open dialogue with the public. Corporate communication strategy is more responsive and not proactive. The new company took the action after an indication of the site dangers . The involvement of both internal and external stakeholders become the key factors that can not be compromised in the process of completion. Coordination and cooperation among all relevant stakeholders can minimize the potential of conflicts due to the case.
Kata Kunci : Public relations, strategi public relations, departemen PGPA