Laporkan Masalah

PENGARUH ORIENTASI NILAI, PENGETAHUAN EKOLOGIS, AFEK EKOLOGIS, LOKUS KENDALI PADA NIAT BELI HIJAU

Yunita Ramadhani Ratnaningsih DS., SE., Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Manajemen

Isu lingkungan seperti global warming menjadi sorotan diberbagai belahan dunia. Berbagai isu lingkungan disinyalir sebagai akibat dari perilaku konsumen yang tidak memperhatikan dampak pembeliannya terhadap kelestarian lingkungan. Oleh karena itu saat ini isu lingkungan menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen dalam mepertimbangkan pemilihan produk, tak terkecuali dalam memilih popok bayi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi nilai pada pengetahuan ekologis dan afek ekologis. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan ekologis pada afek ekologis, serta pengaruh pengetahuan ekologis, afek ekologis, dan locus of control internal pada niat beli hijau. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 229 wanita berusia 17 tahun keatas yang mempunyai anak berusia 0 sampai dengan 24 bulan di Yogyakarta. Penelitian ini didasarkan pada studi confirmatory model. Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program statistik AMOS digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, goodness of fit model, dan hubungan yang dihipotesiskan di dalam model teoritis yang diusulkan. Temuan dari model struktural telah membuktikan hampir semua hubungan yang dihipotesiskan terbukti terdukung. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif orientasi nilai pada pengetahuan ekologis namun orientasi nilai tidak terbukti berpengaruh pada afek ekologis. Terdapat pengaruh positif pengetahuan ekologis pada afek ekologis. Terdapat pengaruh positif pengetahuan ekologis dan locus of control internal pada niat beli hijau namun afek ekologis tidak terbukti berpengaruh pada niat beli hijau.

Environmental issue such as global warming become highlight issue in the world. Some environmental issue pointed out as the effect of consumer behavioural which ignored the effect of purchasing to the environmental conservation. For this time environmental issue becoming the important factor for consumer in considering product choosing, even in choosing diapers. This study aims to examine the influence of value orientations on ecological knowledge and ecological affect. This research also aims to investigate the influence of ecological knowledge on ecological affect, also to investigate the influence of ecological knowledge, ecological affect, internal locus of control on green purchase intention. Sampling method is nonprobability sampling with purposive sampling. Data were collected using a questionnaire survey. The sample in this study consisted of 229 women aged over 17 years old and who have children aged 0 to 24 months in Yogyakarta. The study was based on confirmatory model. Structural equation modeling (SEM) by using AMOS statistical program used to test validity and reliability of the instrument, the goodness of fit model and the relationship hypothesized in the theoretical model proposed. Findings from structural models have proved nearly all the hypothesized relationships. This study reveals that value orientations has a positive effect on ecological knowledge but the effect of value orientations on ecological affect is not supported. Ecological knowledge has a positive effect on ecological affect. Ecological knowledge and internal locus of control has a positive effect on green purchase intention, but the effect of ecological affect on green purchase intentions is not supported.

Kata Kunci : orientasi nilai, pengetahuan ekologis, afek ekologis, locus of control internal, dan niat beli hijau.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.