KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP PRODUK WISATA UMBUL SONGO UNTUK PENGEMBANGAN WISATA ALAM DI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU
Luluk Catur Nugraharany, M. Sani Roychansyah, S.T., M.Eng., D.Eng.,
2013 | Tesis | S2 Magist.Prnc.Kota & DaerahWana Wisata Umbul Songo merupakan salah satu obyek wisata andalan yang memiliki potensi wisata alam dengan konsep ecotourism yang berada di zona pemanfaatan Taman Nasional Gunung Merbabu. Dalam perkembangannya, pengelolaan kawasan ini kurang optimal dan tingkat kunjungan wisatawan mengalami perkembangan yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan wisatawan terhadap kualitas produk wisata Umbul Songo dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deduktif dengan metode evaluasi kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) analisis CSI untuk mengetahui kepuasan wisatawan, (2) analisis IPA untuk mengetahui aspek-aspek produk wisata yang menurut pengunjung sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan dan aspek-aspek mana yang perlu ditingkatkan, serta (3) analisis regresi linier berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan. Penelitian ini merumuskan : (1) secara umum, kualitas produk wisata Umbul Songo dipersepsikan memiliki mutu cukup dalam memberikan kepuasan wisatawan, (2) secara simultan, faktor-faktor yang terdapat di dalam obyek wisata seperti atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan pelayanan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (3) mengingat kawasan wisata berada pada kawasan lindung, maka strategi pengelolaan/ pengembangan produk wisata untuk meningkatkan kepuasan wisatawan harus dilakukan melalui upaya-upaya konservasi disamping memperhatikan faktor sediaan yang dapat mempengaruhi kepuasan serta keinginan/ harapan wisatawan. Akhirnya, penelitian ini menyarankan upaya yang dapat dilakukan pihak pengelola dalam pengelolaan Wana Wisata Umbul Songo antara lain pengelolaan sumber daya alam, pengelolaan atraksi, pengelolaan amenitas, pengelolaan pengunjung, pengelolaan SDM, dan pengelolaan partisipasi masyarakat.
Forest tourism of Umbul Songo is one of main tourism destination that has potential for natural tourism with ecotourism concept that is located in the utilization zone of Merbabu National Park. In their development, the management of this area was not optimal yet and the number of tourist visiting has been experiencing uncertainty. This study aimed to measure the degree of the tourist satisfaction to the quality of tourism product of Umbul Songo and to identify the factors that influencing the tourist satisfaction. The study approach that was used was deductive by quantitative evaluation method. The method for data analysis that was used was (1) CSI analysis to knowing the tourist satisfaction, (2) IPA analysis to knowing the aspects of tourism product which according to the tourist (visitor) is very important in influencing their satisfaction and which aspects that is needed to be increased, and (3) multiple linear regression analysis to knowing the factors which was influencing the tourist satisfaction. The research found several findings : (1) generally, the quality of tourism product of Umbul Songo was perceived had enough quality in offering a satisfaction for the tourist; (2) simultaneously, the factors that were existed in the tourism destination object such as attraction, amenity, accessibility, and service provide significant influence to the tourist satisfaction; (3) considering the tourism area is located in the conservation area, thus the strategy of management/ development of tourism product to increase the tourist satisfaction should be performed through conservation efforts beside considering a provision factors that able to influencing the satisfaction and expectation/ willingness of the tourist. Finally, efforts that can be done by the management in managing Forest Tourism of Umbul Songo among others was natural resource management, attraction management, amenity management, visitor management, human resource management, and community participation management.
Kata Kunci : kepuasan wisatawan, wisata alam, pelestarian alam