Reaksi Pasar Saham Indonesia Terhadap Investasi Teknologi Informasi Berdasarkan Karakteristik Investasi Teknologi Informasi dan Karakteristik Perusahaan
Haryadi Indrianto N., Dr. Sumiyana, M.Si.
2013 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi TerapanPerkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia bisnis. Perusahaanperusahaan dengan gencarnya mengimplementasikan teknologi informasi yang paling canggih dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja INTISARI perusahaan. Pertanyaan besar yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah apakah investasi di dalam teknologi informasi benar-benar memberikan dampak terhadap perusahaan. Dampak terhadap perusahaan ini dapat dilihat melalui kinerja perusahaan yang membaik, yang direpresentasikan melalui kenaikan nilai perusahaan. Nilai dari saham perusahaan akan disesuaikan, berdasarkan karakteristik perusahaan dan karakteristik investasi pada saat pengumuman investasi. Dampak dari investasi teknologi informasi akan berbeda pada masingmasing perusahaan, karena setiap perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, pengumuman investasi teknologi informasi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap abnormal return saham. Hal ini menunjukkan bahwa untuk saat ini, keputusan investor di Indonesia masih belum begitu dipengaruhi oleh investasi teknologi informasi yang dilakukan oleh perusahaan. Investor di Indonesia belum percaya bahwa investasi teknologi informasi dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan di masa depan. Namun, untuk investasi teknologi informasi dengan karakteristik tertentu, yang dilakukan oleh perusahaan dengan karakteristik khusus, dapat mempengaruhi return saham. Efek interaksi dapat memberikan gambaran variabel apa saja yang memoderasi hubungan antara pengumuman investasi teknologi informasi dan reaksi pasar. Salah satu kontribusi penelitian ini adalah memberikan gambaran bagi manajer ketika akan melakukan investasi di bidang teknologi informasi. Perusahaan dengan karakteristik tertentu dapat memanfaatkan investasi tersebut sebagai alat untuk mengkomunikasikan strategi bisnisnya kepada investor, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan.
The rapid development of information technology affects almost every aspect of life, including the business world. Firms vigorously implement the most advanced information technology to improve company performance. The big question to be answered by this study is whether the investment in information technology really has an impact on the company. Impact on the company can be measured through the company's improved performance, as represented by the increase in the firm’s value. The value of the company's shares will be adjusted, based on firm characteristics and the characteristics of the investment at the time of the announcement of the investment. The impact of information technology investment will be different in each company, because every company has different characteristics. The results of this study indicate that, in general, information technology investment announcements do not have a significant effect on abnormal stock returns. This suggests that for the time being, the decision of investors in Indonesia are not so influenced by information technology investments made by the company. Investors in Indonesia do not believe that the investment in information technology can provide added value to the company in the future. However, for information technology investments with particular characteristics, which are made by companies with specific characteristics, can affect stock returns. Interaction effects can give explain variables that moderate the relationship between information technology investment announcements and market reaction. One of the contribution of this study is to provide an overview for managers who intend to invest in information technology. Companies with certain characteristics can leverage these investments as a means to communicate the business strategy to investors, with the aim to enhance shareholder value.
Kata Kunci : Investasi teknologi informasi, karakteristik teknologi informasi, karakteristik perusahan, reaksi pasar, efek interaksi