Laporkan Masalah

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN PEMAKAI GIGI TIRUAN LENGKAP

Daniel Budi Santoso, drg. M. Th. Esti Tjahjanti, M.Kes., Sp. Pros (K)

2013 | Tesis | S2 Prostodonsia

Proses pembuatan gigi tiruan lengkap menggunakan artikulator semi adjustable membutuhkan beberapa kali kunjungan sehingga perlu kerja sama yang baik antara pasien dan dokter gigi. Penelitian ini menitikberatkan pada hubungan antara pasien dengan dokter gigi yang dikembangkan melalui komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal antara pasien dan dokter diperlukan untuk mencapai keberhasilan perawatan dan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lengkap. Penelitian dilakukan pada 13 responden pemakai gigi tiruan lengkap menggunakan dua kuesioner yaitu skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan pasien. Kuesioner yang dibuat merupakan skala sikap yang disusun berdasarkan skala Likert. Skala komunikasi interpersonal berisi 19 pernyataan yang terdiri dari 5 aspek yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Skala kepuasan pasien berisi 18 pernyataan yang terdiri dari 3 aspek yaitu pengunyahan, bicara, dan estetik. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan R = 0,620 dengan p = 0,024. Persamaan garis regresi Y = 0,728X + 15,694 dengan nilai F = 6,886 dan r = 0,620. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lengkap.

The process to make full denture uses semi adjustable articulator takes more than one visit therefore need cooperation between patient and dentist. This research focus on correlation between patient and dentist those develop through interpersonal communication. Interpersonal communication between patient and dentist required to bring successful treatment and patient satisfaction. The purpose of this research is to know the correlation between interpersonal communication and patient satisfaction that use full denture. This research was done toward 13 respondents that use full denture with two questionnaire, there are interpersonal communication scale and patient satisfaction scale. The questionnaire that made is an attitude scale of patient according to Likert scale. Interpersonal communication scale has content 19 statements that consist of 5 aspects there are openness, empathy, supportiveness, positiveness, and equality. Patient satisfaction scale has content 18 statements that consist of 3 aspects there are mastication, speech, and aesthetic. The data analysed with normality test, linearity test, simple linear regression test, and Product Moment correlation test. The result showed coefficient correlation R = 0.620 with p = 0.024. Equality regression line Y = 0.728X + 15.694 with F value = 6.886 and r = 0.620. The conclusion showed positive correlation between interpersonal communication and patient satisfaction that use full denture.

Kata Kunci : komunikasi interpersonal, kepuasan pasien, gigi tiruan lengkap


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.