PENGELOLAAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN PERUSAHAAN STUDI KASUS : PT CIPTA SARANA KENAYU LESTARI
Septilina Melati Sirait, Dr. Gede Bayu Suparta, M.Si.
2013 | Tesis | S2 Mag.Manaj.FarmasiPT Cipta Sarana Kenayu Lestari merupakan salah satu perusahaan kosmetik yang sedang berkembang dan sudah memperoleh sertifikat CPKB pada tahun 2009. Perusahaan yang masih tergolong sebagai UKM ini selalu meningkatkan kinerjanya dalam menghadapi lingkungan yang dinamis. PT CSKL selalu meningkatkan kreativitas dan selalu berinovasi demi menciptakan suatu keunggulan demi keberlangsungan perusahaan. Setiap perusahaan memerlukan pengelolaan berbasis pengetahuan (knowledge-based management) termasuk pengetahuan dalam mengelola kekayaan intelektual agar dapat melakukan inovasi secara terus menerus untuk mengantisipasi lingkungan yang berubah secara dinamis. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pengelolaan HKI yang dijadikan sebagai strategi keunggulan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskripif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang diperoleh dari subjek penelitian. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu pihak manajemen tertinggi dari PT CSKL. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian dianalisis dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari setiap metode pengumpulan data dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami diri sendiri maupun orang lain Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT CSKL telah mengelola inovasi yang dimiliki baik itu inovasi produk maupun proses. PT CSKL menyadari pentingnya inovasi dan perlindungannya menjadi HKI dalam proses bisnis dengan mendaftarkannya ke Dirjen HKI. Namun dari rejim – rejim yang ada, PT CSKL hanya mengelola merek dan rahasia dagang. Hal ini disebabkan karena terbatas pada biaya dan fasilitas sebagai perusahaan kecil dan menengah, maka beberapa yang tidak didaftarkan yaitu logo perusahaan, formula lipstik madu, website, brosur dan desain kemasan. HKI yang terlindungi secara hukum dijadikan sebagai strategi keunggulan dalam melakukan strategi pengembangan usaha. Strategi ini dimulai dari pengelolaan inovasi sebagai perusahaan keluarga yang menjadi strategi level korporat menuju good corporate governance dan membentuk kerjasama aliansi strategis, diikuti dengan strategi level bisnis yang mengacu kepada strategi fokus Porter dan strategi bersaing sebagai ciri industri terfragmentasi dan strategi level fungsional pada bidang produksi, bidang pemasaran, bidang keuangan dan bidang R&D dan QC
PT Cipta Sarana Kenayu Lestari is one of growing cosmetic companies and has already obtained the certificate Good Cosmetic Manufacturing Practice (GCMP) in 2009. This company classified as Small and Medium Enterprises (SMEs) is always improving its performance for facing the dynamic environment. PT CSKL always enhance creativity and innovation in order to create an advantage for survival. Every company needs a knowledge-based management including knowledge in managing intellectual property in order to make innovation continuously to anticipate the changing dynamically environment. The purpose of this research is to assess intellectual property management to be used as a strategy of corporate advantage. This research is a kind of qualitative study produced the descriptive data in a form of the written words or spoken from the study subjects. Subjects were selected by purposive sampling are the top management of PT CSKL. The method to collect the data were used interview method, observation, documentation and library study. Then systematically analyzed by arranging the data from each method of data collection and make a conclusion thus easily understood by myself and others. The result shows that PT CSKL has managed many innovations both of product and process innovation. PT CSKL aware the important of innovation and IPR protection into business process by registering to the Director General of Intelectual Property Rights (IPRs). However, from the existing regime, PT CSKL only manages brand and trade secret. This is because of limited cost and facilities classified as a small and medium enterprises, then there are some which not be registered such as logo’s company, formula of honey lipstick, website, brochure and packaging design. IPR protected by law is used as a strategy advantage of PT CSKL in doing business development strategy. This strategy starts from the management of innovation in family firms into strategic corporate level towards good corporate governance and cooperation strategic alliance, followed by a strategic business level towards to Porter’s focus strategic and competitive strategic as industrial fragmented and strategic level functional in production, marketing, finance and R&D and QC.
Kata Kunci : inovasi, hak kekayaan intelektual, strategi keunggulan, PT Cipta Sarana Kenayu Lestari