Laporkan Masalah

PENGARUH STABILITAS SUASANA HATI (MOOD) DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF

DEVI MIFTIANA MILADANI, Rahmat Hidayat, Ph.D

2013 | Tesis | S2 Psikologi

Belanja bukan hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan harian saja, namun juga untuk memuaskan kebutuhan sosial dan psikologi. Pemasar dan produsen dapat mempelajari apa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh stabilitas suasana hati dan gambaran pengaruh teman sebaya terhadap pembelian impulsif. Jumlah subjek penelitian sebanyak 250 responden yang dipilih dengan cara incidental yakni siapa saja yang ditemui ditempat penelitian dan memenuhi karakteristik subjek penelitian (incidental sampling). Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif yang diukur menggunakan tiga instrumen skala yakni skala pembelian impulsif, skala stabilitas suasan hati dan skala teman sebaya. Ketiga skala kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stabilitas suasana hati dan variabel teman sebaya mempunyai pengaruh yang signifikan dengan variabel pembelian impulsif. Dengan nilai koefisien determinasi R Square = 0, 263, F = 44,009 dan nilai R = 0,513, artinya bahwa pembelian impulsif dapat dipengaruhi oleh variabel prediktor (variabel stabilitas suasana hati dan variabel teman sebaya) sebesar 26,3% dan kedua hipotesis yang diajukan adalah diterima.

Shopping is not only to satisfy daily needs, but also to satisfy the social and psychological needs. Marketer and producent can find the how to interested consumer to buy. This research aims to describe the influence of mood stability and peer influence on impulsive buying. Subjects in this research ware 250 respondents selected by incidental sampling technique. Which anyone who happened to be found in the research place and meet the characteristic of research subjects. This research aims to quantitative method and measured using three instruments namely the scale of impulsive buying scale, mood and peers scale. The three scales were analyzed using multiple regression analysis. The result showed that mood stability variable and peers variable has a significant relationship with the impulse buying variable. With the effective contribution value of R Square = 0, 263, F = 44.009, and the value of R = 0.513, wich means that impulse buying influencing predictor variable (stability mood and peers variable) amounted to 26.3%.

Kata Kunci : mood, teman sebaya,pembelian impulsif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.