SIKAP ANAK-ANAK TERHADAP IKLAN KOMPARATIF TIDAK LANGSUNG (STUDI IKLAN TEH PUCUK HARUM PADA ANAK KELAS 5)
Widya Hafizah Indraputri, Dra. Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPeranan anak dalam keluarga kini dijadikan potensi bagi para pemasar untuk menjadikan anak sebagai target pasar potensial. Hal ini didukung adanya motivasi dari orang tua untuk selalu membahagiakan anak dan tidak sedikit orang tua selalu menuruti apapun keinginan yang dimiliki oleh sang anak. Oleh karena itu, menjadikan anak sebagai target pasar potensial dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dari para pemasar agar produk yang ditawarkan menarik perhatian dan minat anak-anak. Kreativitas dari para pemasar sangatlah diperlukan khususnya untuk mengkomunikasikan keunggulan atribut produknya dari produk lain yang terlebih dahulu beredar di pasaran. Komunikasi pemasaran yang diyakini lebih dapat menjangkau anak-anak sebagai target pasar potensial adalah melalui iklan di televisi dan tidak jarang komunikasi pemasaran dilakukan melalui iklan perbandingan agar lebih memperjelas keunggulan atribut produk yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi sikap anakanak terhadap tayangan iklan teh Pucuk Harum di televisi. Masalah dalam penelitian ini diajukan untuk mengetahui bagaimana sikap anak-anak yang diukur melalui reaksi kognitif, reaksi afektif dan reaksi behavioural ketika mereka melihat tayangan iklan teh Pucuk Harum di televisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini membahas tentang psikologi kanak-kanak, iklan, etika periklanan di Indonesia, iklan komparatif, sikap konsumen terhadap iklan, sikap konsumen terhadap iklan komparatif dan sikap anak-anak terhadap iklan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 155 orang responden yang berasal dari siswa-siswi yang duduk di kelas 5 Sekolah Dasar (SD) di Bekasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif berupa distribusi frekuensi dan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak memiliki sikap positif terhadap iklan teh Pucuk Harum dan sikap positif tersebut konsisten dengan keinginan anak-anak untuk segera membeli produk yang diiklankan.
The role of children in the family are now used as the potential for marketers to make the child as a potential target market. This is supported by the motivation of parents to keep children happy and not a few parents always do whatever desire is owned by the child. Therefore, the children in a potential market targets required precision and accuracy of the products offered by marketers in order to attract attention and interest of kids. Creativity of the marketers is needed especially to communicate the advantage of product attributes have rather than another products on the market first. Marketing communications are believed to be able reach out the children as a potential target markets is through advertisements on television and not uncommon marketing communications do through comparative advertising to further clarify the advantages owned the attributes of the product. The objective of this study is to measure and evaluate children’s attitudes toward the Teh Pucuk Harum’s advertising on television. The problem posed in this study to determine how children's attitudes as measured by the reaction of cognitive, affective and behavioral when they are watch the Teh Pucuk Harum’s advertisement on television. The theory used in this study discusses about the psychology of children, advertising, ethics of advertising in Indonesia, comparative advertising, consumer attitudes toward advertising, consumer attitudes toward comparative advertising and children's attitudes toward advertising. The sample of this study collected from 155 student as a respondent who are in grade five elementary school in Bekasi. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis such as frequency distribution and calculate mean value. Results showed that children have a positive attitude towards the Teh Pucuk Harum’s advertising on television and a positive attitudes is consistent with children's desire to immediately buy the product being advertised.
Kata Kunci : Sikap, Anak-Anak, Iklan, Iklan Komparatif