ANALISIS STRATEGI ROS-IN HOTEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS HOTEL DI YOGYAKARTA
Taufiq Ismail, Dr. Sony Warsono, MAFIS, Ak.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini untuk menilai peluang Ros-In Hotel dalam bersaing sesuai dengan posisinya dalam persaingan, mengevaluasi strategi yang dijalankan Ros-In Hotel. Akibat dari banyaknya hotel di Yogyakarta maka persaingan bisnis perhotelan di Yogyakarta sangat ketat, maka Ros-In Hotel perlu menerapkan strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan pesaingnya di industri perhotelan di Yogakarta. Tahapan penelitian tersebut akan dijabarkan menjadi suatu tahapan kerangka berfikir yaitu; mengidentifikasi karaktersitik industri dalam bisnis perhotelan, menganalisis pesaing industri, melakukan analisisdriving forces, analsis key success factors, analisis lingkungan internal, mengidentifikasi formulasi SWOT, mengidentifikasi generic strategydanmenarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Ros-In hotel memiliki peluang besar untuk berkembang dan bersaing meskipun menghadapai ancaman bisnis karena Ros-In Hotel saat ini memiliki strategi cost leadershipsebagai hotel bintang empat dengan harga yang ditawarkan lebih murah dari pada hotel bintang empat lainnya di Yogyakarta.Ros-In Hotel memiliki posisi bersaing yang menguntungkan yang memungkinkan mereka melakukan strategi yang agresif,
This study was to assess the opportunities of Ros-In Hotel in competing in accordance with its position in the competition, evaluating strategy of Ros-In Hotel. As a result of the many hotels in Yogyakarta, Yogyakarta’s hospitality business competition is very tight, so Ros-In Hotel needs to implement the right strategy in order to compete with rivals in the hospitality industry in Yogyakarta. Stages of the research will be translated into stage frameworks, namely: identifying characteristic of industries in the hospitality business, analyze industry competitors, analyzing the driving forces, analysis of key success factors, internal environment analysis, SWOT formulation, identifying generic strategy and draw conclusions. The results of this study are that Ros-In hotel has a great opportunity to grow and compete despite the threats facing the business as Ros-In Hotel currently has a strategy of cost leadership as a four-star hotel at a price that is cheaper than the other four star hotels in Yogyakarta. Ros-In Hotel has a favorable competitive position that allows them to have aggressive strategies.
Kata Kunci : Strategi bersaing, Ros-In Hotel Yogayakarta, cost leadership, lingkungan eksternal dan internal perusahaan, posisi persaingan,SWOT, generic strategy