Laporkan Masalah

Analisa Pengaruh Dimensi Kepribadian Merek pada Perilaku Konsumen Produk Rokok Kategori Mild

Rio Aga Pranata, Dr. Bernardinus Maria Purwanto, M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Kepribadian Merek Terhadap Perilaku Konsumen (studi pada produk rokok kategori Mild). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi pengaruh pada dimensi kepribadian merek (pesona merek, kehandalan merek, keaslian merek, kreatifitas merek, daya tarik merek dan antusias merek) terhadap perilaku konsumen terhadap merek (sikap dan komitmen terhadap merek). Penelitian ini dilakukan dengan metode statistik dan deskriptif. Penelitian statistik dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisioner yang selanjutnya diolah dengan menggunakan bantuan progran komputer SPSS 18.0. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria responden adalah pria, perokok aktif serta pernah merokok produk sampoerna mild dan surya pro mild. Metode pengolahan data menggunakan uji beda rerata (compare mean) dan uji T untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kepribadian merek antara merek Sampoerna Mild dan merek Surya Pro Mild. Kemudian uji regresi berganda digunakan untuk menguji mengenai pengaruh dimensi kepribadian merek terhadap sikap merek serta pengaruh kepribadian merek terhadap komitmen merek. Melalui analisis yang dilakukan menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kepribadian merek Sampoerna Mild dan Surya Pro Mild. Namun terdapat beberapa atribut kepribadian merek Sampoerna Mild yang lebih tinggi dibandingkan Surya Pro Mild dan begitu pula sebaliknya. Pada analisa pengaruh kepribadian merek terhadap sikap didapatkan persamaan: Y1 = 0,325X1 0,052X2 0,177X3 0,014X4 0,083X5  0,159X6 0,119X7 Maka terhadap sikap merek besarnya pengaruh variabel pesona merek (x1) sebesar 0,325 %, kehandalan merek (x2) 0,502 %, keaslian merek (x3) 0,1777 %, keanggunan merek (x4) 0,014 %, kreativitas merek (x5) 0,083 %, daya tarik merek (x6) 0,159 % dan antusias merek (x7) 0,119 %. Pada analisa pengaruh kepribadian merek terhadap sikap didapatkan persamaan: Y1 = 0,178X1 0,031X2 0,003X3 0,080X4 -0,035X5  0,091X6 0,407X7 Maka terhadap komitmen merek besarnya pengaruh variabel pesona merek (x1) sebesar 0,178 %, kehandalan merek (x2) 0,031 %, keaslian merek (x3) 0,003 %, keanggunan merek (x4) 0,080 %, kreativitas merek (x5) 0,035 %, daya tarik merek (x6) 0,091 % dan antusias merek (x7) 0,407 %.

Title of this thesis is An Analysis of the effect brand personality on consumer behavior (case study on mild cigarette product). The aim of this research is to test the influence of brand personality dimension (charming, reliable, classic, elegant, creative, attractive and enthusiastm) on consumer behavior (brand attitude and brand commitment) This research use statistical and descriptive method. Statistical reseach using questionnare instrument and computer program SPSS 18.0. The sample in this study use purposive sampling technique. Respondent criteria are male, active smoker and has been smoking both Sampoerna Mild and Surya Pro Mild. Data analysis use compare mean and t test analysis to define the differences between Sampoerna Mild and Surya Pro Mild brand personality. Multiple regression analysis use to test the impact brand personality on brand attitude and the impact brand personality to brand commitment. The analysis found that there is no significant difference between Sampoerna Mild brand personality and Surya Pro Mild brand personality. But in a few attributes Sampoerna mild brand personality are higher than Surya Pro Mild brand personality and the otherwise. On the analysis of brand personality on brand attitude the results found regresion equation Y1 = 0,325X1 0,052X2 0,177X3 0,014X4 0,083X5  0,159X6 0,119X7 This result indicating on brand attitude the impact of charming (x1) 0,325 %, reliable (x2) 0,502 %, classic (x3) 0,1777 %, elegant (x4) 0,014 %, creative (x5) 0,083 %, attractive (x6) 0,159 % and enthusiastm (x7) 0,119 %. On the analysis of brand personality on brand commitment the results found regresion equation Y1 = 0,178X1 0,031X2 0,003X3 0,080X4 -0,035X5  0,091X6 0,407X7 This result indicating on brand attitude the impact of charming (x1) 0,178 %, reliable (x2) 0,031 %, classic (x3) 0,003 %, elegant (x4) 0,080 %, creative (x5) 0,035 %, attractive (x6) 0,091 % and enthusiastm (x7) 0,407 %.

Kata Kunci : -


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.